Pilkades Serentak di Rembang Berlangsung Aman

Kamis, 7 November 2019 | 22:00 WIB

Pemilihan Kepala Desa Woro Kecamatan Kragan, Rabu (6/11/2019). (Foto: Kecamatan Kragan)

REMBANG, mataairradio.com – Pihak kepolisian memastikan gelaran Pilkades serentak di Rembang pada Rabu (6/11/2019) kemarin berlangsung aman.

Kabag Ops pada Polres Rembang Kompol Yohan Setiajid bersyukur Pilkades serentak tidak ada kejadian yang menonjol dan relatif kondusif.

Dalam pengamanan Pilkades kemarin pengamanan terdiri dari gabungan TNI sejumlah 237 personel, Polri sejumlah 474 , dan personel perlindungan masyarakat (Linmas) sejumlah 237 sehingga total personel yang mengamankan Pilkades sebanyak 1522 personel.

Dirinya menegaskan selain kondisi yang aman, tingkat partisipasi pemilih juga tinggi mengingat masyarakat semakin cerdas dalam berdemokrasi juga berkomitmen untuk menjaga kondusifitas di daerahnya masing-masing.

Sampai Kamis (7/11/2019) pagi, seluruh pasukan sudah ditarik semua ke pos masing-masing. Yohan menambahkan pihaknya masih melakukan mapping dan analisa pasca Pilkades untuk antisipasi.

“Alhamdulillah sejauh ini terpantau pelaksanaan Pilkades berjalan aman, tidak ada kejadian menonjol yang terjadi,” ungkapnya.

Disinggung penerjunan puluhan personel pengamanan ke Desa Sumberjo Kecamatan Pamotan kemarin malam, Yohan memastikan itu hal biasa karena ada laporan potensi kericuhan pada waktu penghitungan suara. Namun saat kepolisian datang keadaan sudah kondusif dan panitia Pilkades setempat sudah menjelaskan kepada pendukung masing-masing calon tentang mekanisme serta aturannya jika memang ada gugatan terhadap hasil Pilkades.

“Ya memang sempat ada potensi ricuh namun sudah kita netralisir keadaan,” pungkasnya.

Dari pantauan reporter mataairradio.com, penghitungan suara di Desa Sumberjo Kecamatan Pamotan berlangsung panas karena selisih suara terpaut tipis yaitu lima suara.

Ada dua calon Kades Sumberjo yang bertarung yaitu Mujiono mendapatkan 772 suara dan Mulyanto mendapatkan 777 suara.

Penulis : Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan