Pilkada Rembang, Partisipasi Laki-laki Kalah dari Perempuan

Sabtu, 12 Desember 2015 | 15:51 WIB
Screen shot Rekapitulasi Suara Formulir Model C1 Pilkada Rembang.

Screen shot Rekapitulasi Suara Formulir Model C1 Pilkada Rembang.

 

REMBANG, mataairradio.com – Rekapitulasi suara berdasarkan formulir model C1 dari Pilkada Rembang sudah diselesaikan oleh KPU Pusat.

Sesuai data hasil rekapitulasi itu, antara lain diketahui bahwa tingkat partisipasi pemilih laki-laki di pilkada kalah dari pemilih perempuan.

Melalui laman www.pilkada2015.kpu.go.id/rembangkab, tingkat partisipasi pemilih dengan jenis kelamin laki-laki diketahui 67,45 persen, sedangkan pemilih perempuan 79,12 persen.

Dari akses data itu pun terungkap, tingkat partisipasi pemilih secara total kabupaten mencapai 73,71 persen.

Namun disebutkan di website tersebut, rekap berdasarkan formulir model C1, bersifat sementara dan bukan hasil final.

Hal itu karena kesalahan di formulir model C1 diperbaiki pada rekap di tingkat atasnya.

Menurut Komisioner KPU Rembang Nurul Muasiroh, tingkat partisipasi 73,9 persen.

“Tingkat partisipasi kalau dari itungan kita; 73,9 persen. Tidak tahu persis penyebabnya. Setelah rekap selesai nanti, kita baru akan evaluasi,” kata ia kepada reporter mataairradio.

Lewat situs resmi KPU Pusat diketahui pula perolehan suara dari tiap pasangan Calon Kepala Daerah Rembang.

Masih berdasarkan rekap formulir model C1 oleh KPU Pusat, pasangan Hamzah Fatoni-Ridwan memperoleh 35.260 suara atau dengan persentase kemenangan 10,17 persen.

Pasangan Sunarto-Kuntum Khairu Basa memperoleh 73.870 suara atau 21,30 persen, sedangkan pasangan Abdul Hafidz-Bayu Andriyanto meraup 68,53 persen atau 237.634 suara.

KPU Pusat merekap, jumlah suara sah sebanyak 345.723 suara, sedangkan suara tidak sah 8.462 suara.

Mengenai jumlah pemilih dengan disabilitas yang menggunakan hak pilih, Nurul menyebut hanya sebanyak 123 orang.

Padahal jumlah pemilih yang sempat tercatat sebagai penyandang disabilitas mencapai ratusan.

“Kami menduga, tingkat partisipasi mereka yang rendah karena keengganan menggunakan hak pilih. Kami sudah menyediakan form khusus bagi pendamping mereka dan surat suara dengan braille,” terangnya.

Sementara itu, bersamaan dengan tuntasnya rekapitulasi suara berdasarkan formulir model C1 dari Pilkada Rembang oleh KPU RI, KPU Rembang juga menggelar sinkronisasi hasil rekap penghitungan suara dari tiap-tiap kecamatan, Sabtu (12/12/2015) pagi.

KPU kini sedang bersiap menggelar rekapitulasi tingkat kabupaten yang akan digelar pada 16 Desember atau Rabu mendatang.

KPU belum berani memastikan, apakah rekap bisa selesai dalam waktu 1-2 hari, atau justru akan maksimal hingga 3 hari atau sampai 18 Desember nanti.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan