Pilih Kerja, 49 Peserta UNPK di Rembang Absen

Senin, 13 April 2015 | 19:03 WIB
Bupati Rembang Abdul Hafidz saat memantau Ujian Nasional di SMK Negeri 1 Rembang, Senin (13/4/2015) pagi. (Foto: mataairradio.com).jpg

Bupati Rembang Abdul Hafidz saat memantau Ujian Nasional di SMK Negeri 1 Rembang, Senin (13/4/2015) pagi. (Foto: mataairradio.com).jpg

 

REMBANG, mataairradio.com – Sebanyak 49 peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Kelompok Belajar (Kejar) Paket C atau setara SMA di Kabupaten Rembang diketahui absen pada hari pertama atau Senin (13/4/2015) ini.

UNPK Paket C tahun 2015 di kabupaten ini dipusatkan di SMP Negeri 5 Rembang. Sebelum tercatat ada yang absen sebanyak 49 peserta itu, jumlah warga belajar yang bisa mengikuti UNPK sebanyak 438 orang.

Menurut Ketua Panitia Ujian Nasional Kabupaten Rembang Mutakin, mereka yang tidak hadir pada UNPK, lantaran sedang bekerja di luar daerah. Pihak penyelenggara sudah menghubungi mereka dan memberitahukan pelaksanaan UNPK mulai Senin (13/4/2015).

“Betul (UNPK dipusatkan di SMP Negeri 5 Rembang). Peserta seharusnya 438 orang. Hadir 389 peserta, tidak hadir 49 orang. (Rata-rata) karena bekerja,” katanya.

Mutakin juga mengatakan, mereka yang absen pada hari pertama, bisa mengikuti ujian susulan, yang akan digelar mulai tanggal 20 April mendatang. Dia tak akan langsung tinggal diam karena upaya menghubungi kembali mereka tetap dilakukan.

“Ada susulan bagi mereka yang absen hari ini pada 20 April nanti. Panitia tetap mencoba komunikasi kalau mungkin (mereka yang absen) mau ikut ujian susulan. Kalau tidak ya, mereka harus mengulang tahun depan,” tandasnya.

Sebelumnya pada Ujian Nasional tingkat SMA atau di sekolah formal, empat peserta tercatat absen. Dua orang lantaran sakit, sedangkan dua orang lainnya karena sudah keluar dari sekolah.

“Dua yang sakit dari SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Rembang, sedangkan yang absen karena keluar dari sekolah, dari SMK Muhammadiyah dan SMK Yos Sudarso Rembang,” imbuhnya.

Ujian Nasional tingkat SMA berlangsung hingga 15 April untuk SMA dan MA, sedangkan untuk SMK hingga 16 April nanti. Jumlah keseluruhan peserta mencapai 6.731 peserta, terdiri atas 2.098 siswa SMA, 1 siswa SMALB, 1.426 siswa MA, 2.769 siswa SMK, dan 438 siswa paket C.

Tahun ini, ujian nasional bagi peserta paket C atau setara SMA digelar bareng dengan UN reguler, namun dilangsungkan pada siang hari. Ujian Nasional paket C hanya berlangsung dalam satu tahap, tidak dua kali sebagaimana sebelumnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan