Pilgub, 27 Juni Ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional

Senin, 25 Juni 2018 | 16:26 WIB

Cetak layar salinan Keppres Nomor 14 Tahun 2018 tentang libur nasional untuk Pilkada serentak. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah menetapkan 27 Juni mendatang sebagai hari libur nasional. Keputusan ini dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 2018 per 25 Juni 2018.

Pihak Pemkab Rembang menanti dasar hukum  itu untuk membuat kebijakan meliburkan aparatur sipil Negara (ASN) guna menyalurkan hak suaranya pada Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018.

Mardi, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang mengaku sudah berkoordinasi dengan Bagian Organisasi dan Kepegawaian Setda soal libur pada 27 Juni 2018.

Bagian Orpeg sempat memintanya untuk menunggu hingga Selasa 26 Juni ini. Ia pun akan menyeru kepada jajarannya untuk tetap menggunakan hak pilih pada Pilgub secara bertanggung jawab.

“Tadi Orpeg sempat meminta kami untuk menunggu sampai besok,” katanya kepada mataairradio.

Mardi menegaskan, terlepas 27 Juni nanti libur atau tidak, penting bagi para pendidik dan siswa yang telah memiliki hak pilih untuk menggunakan hak suaranya. Ia berencana membuat edaran.

Kebetulan saat Pilgub digelar, para siswa yang memenuhi syarat sebagai pemilih masih dalam masa libur akhir tahun ajaran. Begitu pun guru, sebagian tidak masuk karena berlaku piket di sekolah.

“Tetap kami anjurkan untuk menggunakan hak pilih. Kebetulan siswa (yang memiliki hak pilih) dan guru juga libur,” katanya.

Peraturan tentang hari libur nasional saat pemungutan suara pernah diterapkan oleh Pemerintah pada Pilkada Serentak sebelumnya, yakni 2015 dan 2017. Masing-masing menggunakan Keppres.

27 Juni 2018, warga pemegang hak pilih di Kabupaten Rembang akan mengikuti Pilgub bersama dengan 34 kabupaten/kota lainnya di Jawa Tengah. Senin (25/6/2018) ini masih dalam masa tenang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan