Mayoritas Petahana Duduk di Kursi DPRD Rembang

Rabu, 16 April 2014 | 17:55 WIB
Sidang Paripurna Pengesahan APBD 2012 (Foto:Puji)

Sidang Paripurna Pengesahan APBD 2012 (Foto:Puji)

REMBANG, MataAirRadio.net – Mayoritas petahana DPRD Kabupaten Rembang akan kembali duduk di legislatif setelah diprediksi menang pada Pemilu 2014. Menurut prakiraan, dari 45 calon anggota DPRD lima tahun kedepan, 23 di antaranya adalah mereka yang duduk di kursi parlemen selama lima tahun kemarin.

Partai Demokrat mendudukkan petahana atau incumbent terbanyak dengan delapan orang. Mereka adalah Sunarto, Edi Kartono, Gunasih, Islahuddin, Imro’atus Solichah, Harno, Mugiyarto, dan Hikmah Purnamawati.

Sementara Partai Persatuan Pembangunan, dari 10 kursi yang diperkirakan mampu direbut, mayoritas adalah wajah baru karena hanya tiga petahana yang kembali bertahta, yakni Sulistyo Weti Ariani, Majid Kamil, dan M Mursyid.

Sebenarnya ada wajah lama yang menembus lagi parlemen dari PPP yakni Henry Purwoko. Namun lima tahun lalu, Henry tak masuk gedung dewan, setelah gagal di Pemilu 2009.

Di PKB, dari enam kursi yang diprakirakan diamankan, hanya ada dua “incumbent” yang kembali naik, yakni Sholeh dan Mohammad Asnawi. PDI Perjuangan pun hanya berhasil kembali mendudukkan Jasmani, Ridwan, dan Sumarsih. Sedangkan Partai Gerindra mengorbitkan lagi nama Puji Santoso dan Yudianto di jajaran calon anggota DPRD periode 2014-2019.

Selanjutnya sebagai partai baru, Nasdem bakal menempatkan tiga orang wakilnya, yakni Frida Iriani, Ali Ircham, dan Muhammad Bahaud Duror. Adapun Partai Golkar, meski kehilangan lima kursi, masih ada nama lawas; Ismari, Gatot Paeran, dan Catur Winanto yang diprediksibertahan.

Demikian juga dengan PAN. Meski diperkirakan bakal kehilangan Jihad Asia Pustakawan dan Imam Zarkasi yang notabene Ketua DPD PAN Rembang, dua nama kawak diperkirakan bercokol lagi, yakni Sahningsih dan Sukarmain.

Partai Hanura mampu menahbiskan satu nama lama untuk kembali duduk di DPRD yakni Nur Hasan. Sedangkan PKS, diprakirakan hanya mampu mempertahankan nama Joko Suprihadi di parlemen.

Adapun 22 nama anggota DPRD periode 2009-2014 yang diprediksi tidak akan lagi ada di parlemen lima tahun ke depan, secara urut abjad adalah A Maskur Rukhani (PDIP), Achmad Zamhuri (PBB), Chairul Anwar (Golkar), Dhian Rahweni Dewi (PKS), Djoko Soesilo (Golkar), Hakam (PPP), Imam Zarkasi (PAN), Jihad Asia Pustakawan (PAN), dan Khairul Mutakim (Golkar).

Kemudian, Kodriyah (PPP), M Noor Hasan (PKB), M Shodiqin Yasir (PKB), Muntohid (PBB), Rochmad Isnaeni (PKS), Sakdullah (PPP), Sri Rejeki (Golkar), Suci Rahayu (Golkar), Suprihadi (PDIP), Sutaryo Sholeh (PKB), Suwanto (PKB), dan Yuliani Ari Setyaningsih (Demokrat).

Puji Santoso, salah satu caleg dari Partai Gerindra yang diprediksi kembali terpilih sebagai legislator menganggap, dengan proporsi hampir berimbang antara petahana dan mereka yang baru, nantinya akan saling melengkapi.

“Ilmu selama lima tahun yang didapat oleh para petahana, akan bisa ditularkan kepada mereka yang baru. Karena idealisme mereka yang baru duduk di parlemen, DPRD akan tambah bergairah dalam menyusun program pro rakyat. Saya pikir tidak ada masalah selagi segera ada adaptasi,” katanya. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan