Pesiar ke Pulau Kecil di Rembang Disorot Akibat Cuaca Labil

Kamis, 24 Juli 2014 | 15:35 WIB
Pantai Kartini Rembang.

Pantai Kartini Rembang.

REMBANG, MataAirRadio.net – Tradisi “lomban” atau berpesiar ke pulau-pulau kecil di wilayah Kabupaten Rembang mendapat pengawasan khusus selama lebaran. Cuaca laut disebut sering tak menentu alias labil pada belakangan ini.

Pengelola Taman Rekreasi Pantai Kartini Rembang Murwadi mengaku menyiapkan 30 perahu untuk pesiar wisatawan ke pulau-pulau kecil melalui objek wisata ini. Pengelola menurunkan ongkos pendaftaran perahu lomban dari nelayan, yang tahun lalu Rp125.000, kini hanya Rp100.000 per perahu.

Murwadi mengakui, tradisi “lomban” menjadi sorotan setelah cuaca sering labil, akhir-akhir ini. Namun pihaknya sudah mengantisipasi dengan personel regu penolong dari unsur perhubungan laut, TNI angkatan laut, dan polisi perairan. Jika cuaca buruk, tradisi “lomban” akan langsung dihentikan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Rembang Sunarto menegaskan, pengelola Taman Rekreasi Pantai Kartini perlu lebih sigap dan mengecek kesiapan perahu pesiar. Menurutnya, potensi kecelakaan laut akibat kelaikan perahu, perlu diantisipasi dan ditekan minimal.

Sunarto juga meminta kepada pengelola agar berkoordinasi dengan regu penolong, untuk keperluan evakuasi, jika terjadi kecelakaan laut. Menurutnya, perlu pula ada tulisan di tepi pantai, untuk mengingatkan pengunjung agar berhati-hati. Mereka yang terlena, bisa saja tidak menyadari laut pasang dan berpotensi insiden.

Mengenai kondisi cuaca laut yang kerap berubah secara cepat, Sunarto mengaku telah meminta kepada pengelola objek wisata untuk berkoordinasi ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dia menegaskan, jangan sampai kecelakaan saat tradisi “lomban” di Jepara, terjadi di Rembang.

Sementara itu, pihak Kepolisian Resor Rembang berjanji memaksimalkan pengawasan terhadap objek wisata pantai. Selain Pantai Kartini, ada beberapa pantai lain, seperti Karangjahe, Caruban, Bonang, dan Jatisari yang perlu dipantau keamanannya bagi pengunjung.

Kapolres Rembang AKBP Muhammad Kurniawan menyatakan sudah menyiagakan personel polisi perairan, untuk mengkaver pengamanan objek wisata pantai di kabupaten ini. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan