Pesanan Buku Kurikulum 2013 Rembang Belum Dikirim

Rabu, 2 Juli 2014 | 16:01 WIB

 

Kurikulum 2013

Kurikulum 2013

REMBANG, MataAirRadio.net – Hampir semua sekolah di Kabupaten Rembang hingga Rabu (2/7) siang masih menanti pengiriman buku kurikulum 2013 untuk pegangan guru dan siswa. Sekolah menginginkan buku ini segera dikirim sebelum tahun ajaran baru dimulai 14 Juli nanti.

Buku pegangan ini wajib dimiliki oleh sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 di setiap jenjang pendidikan, mulai SD hingga SMA. Kurikulum baru ini diterapkan untuk Kelas 1, 2, 4, dan 5 untuk tingkat SD, lalu Kelas 7 dan 8 untuk tingkat SMP, serta Kelas 10 dan 11 untuk tingkat SMA/SMK.

Kepala SMA Negeri 2 Rembang Sumarno mengaku memesan 600 eksemplar buku per mata pelajaran, masing-masing untuk Kelas 10 dan 11. Pengadaan buku untuk sembilan mapel di tingkat SMA ini, dibiayai dengan dana BOS atau bantuan operasional sekolah.

Manajer Bantuan Operasional Sekolah pada Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Susanto membenarkan bahwa pemesanan buku kurikulum 2013 telah 100 persen dipesan. Buku yang dipesan melalui LKPP ini, digarap oleh lima penyedia, masing-masing dari Kudus, Semarang, dan Jakarta, di antaranya PT Pura Barutama Kudus dan CV Aneka Ilmu Semarang.

Menurut Susanto, model pendanaan pengadaan buku kurikulum 2013 untuk SD/SMP berbeda dengan SMA/SMK. Untuk SD/SMP, pengadaan buku masih disubsidi dengan dana bantuan sosial provinsi sebesar 60 persen dari harga buku.

Kekurangannya dibiayai dari alokasi dana BOS yang diterima selama setahun. Sementara untuk SMA/SMK, seluruhnya dibiayai dana BOS tanpa ada subsidi dari dana bantuan sosial. Alokasi dana BOS untuk belanja buku di tingkat SD/SMP mencapai lima persen, sedangkan SMA/SMK mencapai 25 persen.

Mengenai pengiriman buku dari pihak percetakan ke sekolah, hingga hari Rabu (2/7) ini, baru buku SD yang sudah kirimkan lantaran penyedianya dekat dengan Rembang, yakni PT Pura Kudus.

Namun itu pun, masih kurang karena buku dengan tema keagamaan belum dikirim. Sementara buku pegangan untuk guru dan murid di tingkat SMP dan SMA/SMK, akan dikirim secepatnya sebelum tanggal 14 Juli 2014. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan