Persiapan Lebaran, Jatah Raskin Juli Dimajukan

Selasa, 14 Juni 2016 | 13:23 WIB
Beras untuk keluarga miskin (raskin). (Foto: portalkbr.com)

Beras untuk keluarga miskin (raskin). (Foto: portalkbr.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Jatah beras bagi keluarga miskin untuk bulan Juli 2016 di Kabupaten Rembang akan dimajukan pendistribusiannya menjadi pada bulan Juni. Alasannya untuk membantu persiapan warga miskin menjelang Lebaran.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang Abdullah Zawawi menyebutkan, jatah raskin bulan Juli akan dibagikan pada 26 Juni mendatang, sehingga pada bulan ini, warga miskin penerima mendapatkan dua kali distribusi.

“Kami ingin dengan distribusi maju raskin bulan Juli menjadi pada Juni, warga miskin menjadi teringankan bebannya menjelang Lebaran. Program ini merupakan bagian dari kebijakan Pemerintah Pusat,” terangnya kepada reporter mataairradio, Selasa (14/6/2016).

Pada tahun 2016, jumlah penerima raskin sebanyak 69.014 rumah tangga sasaran. Tiap rumah tangga mendapat jatah 15 kilogram selama 12 bulan, sehingga total alokasi raskin per tahun bagi Kabupaten Rembang mencapai 12.422,52 ton.

Lalu bagaimana dengan jatah raskin bulan Agustus sampai bulan Desember setelah pendistribusian maju tersebut? Zawawi mengatakan jatah buat bulan Agustus akan juga akan dimajukan untuk bulan Juli.

“Jadi untuk bulan-bulan berikutnya, ya ikut maju. Tidak akan ada bulan yang tidak ada distribusi raskin karena nantinya mungkin akan sama dengan tahun kemarin; ada raskin ke-13 dan ke-14,” tandasnya.

Ia memastikan, kendati pendistribusian raskin maju dari jatah waktu yang semestinya, tingkat pembayaran atau penebusan beras tersebut tak akan tersendat.

“Kalau akhir-akhir ini, tingkat penebusan raskin nyaris tidak ada yang tersendat. Lancar-lancar saja. Kayaknya (panitia raskin) sudah pada takut jika tak langsung setor uang tebusan raskin,” ujarnya.

Sementara itu, selain memajukan jatah distribusi raskin, pihak Pemerintah Kabupaten Rembang pun akan menggelar kegiatan pasar murah untuk beras dan komoditas pokok lainnya, guna meringankan beban masyarakat seiring melonjaknya harga sembako menjelang Lebaran.

“Pasar murahnya sekitar tanggal 20-an Juni, rencana. Kalau biasanya digelar di kawasan alun-alun, maka tahun ini tidak lah. Kita akan geser ke arah selatan. Mungkin di daerah Rumbutmalang atau Mondoteko,” ungkapnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan