Perdalam Pengetahuan Agama, SDI Al-Furqon Gelar Ramadan Ceria

Jumat, 17 Mei 2019 | 14:03 WIB

Kegiatan Ramadan Ceria di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Furqon Rembang. (Foto: mataairradio.com)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Furqon Rembang mempunyai cara tersendiri untuk mengisi kegiatan di bulan suci Ramadan. Sebanyak 36 siswa-siswinya mengikuti kegiatan Ramadan Ceria.

Kegiatan ini berupa pesantren kilat selama sepuluh hari mulai tanggal 8 sampai 18 Mei 2019 mendatang. Ramadan ceria ini diikuti siswa kelas tiga sampai kelas lima karena dianggap sudah bisa belajar mandiri untuk menyiapkan kebutuhannya sendiri-sendiri.

Rita Masniyah salah seorang pengasuh di Al-Furqon menyatakan bahwa konsep Ramadan ceria sendiri dipilih untuk melatih anak-anak dalam menyambut bulan suci ini. Jangan sampai anak-anak berpikiran bahwa puasa adalah hal yang berat justru malah menyenangkan.

Konsep asrama sendiri dipilih agar anak-anak belajar mandiri dan juga berinteraksi dengan kawan-kawannya. Untuk kegiatan sehari-hari, pendalaman agama baik itu belajar Al-Quran menghafal surat-surat pendek dan juga pengetahuan dasar tentang islam sangat diutamakan. Selain teori dan praktek ibadah, buka dan sahur bersama merupakan momen yang menyenangkan bagi anak-anak karena nilai kebersamaan sangat dirasakan.

“Momen buka bersama biasanya yang paling ditunggu oleh anak-anak,” ungkap salah seorang anggota dewan pendidikan ini.

Rita menambahkan jika anak-anak tidak melulu mendapatkan pelajaran tentang agama, namun tiap malam anak-anak belajar pelajaran umum karena sekolah juga tetap masuk seperti biasa.

Dirinya berharap kegiatan Ramadan ceria ini bisa memupuk rasa kecintaan mereka terhadap agama.

“Pelajaran agama harus dipupuk sejak dini Mas, jika sudah dewasa akan terus ingat apa yang dipelajarinya,” pungkas perempuan berkacamata ini.

Hani, salah satu siswi kelas lima asal Sidowayah mengaku senang dengan Ramadan ceria karena bisa berkumpul dan berbuka puasa bersama teman-temannya. Dirinya mengaku ditengok orangtuanya tiap dua hari sekali.

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan