Peran Pengawas Ruang Diandalkan Demi Kejujuran UN SMP

Sabtu, 7 Mei 2016 | 15:21 WIB
Kepala Bidang Kurikulum pada Dinas Pendidikan Rembang Mutakin. (Foto: cbfmrembang.blogspot.com)

Kepala Bidang Kurikulum pada Dinas Pendidikan Rembang Mutakin. (Foto: cbfmrembang.blogspot.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rembang menyatakan mengandalkan antara lain peran pengawas ruang guna mewujudkan kejujuran penyelenggaraan ujian nasional pada tingkat sekolah menengah pertama di kabupaten ini.

Hal itu lantaran hingga tahun ini, masih belum ada satu pun SMP di Kabupaten Rembang yang menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK), meski ada beberapa sekolah yang sempat berstatus rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI).

Kepala Bidang Kurikulum pada Disdik Rembang Mutakin mengatakan, prestasi siswa dalam mengikuti ujian nasional merupakan hal penting, tetapi kejujuran menjadi sesuatu yang utama.

Menurutnya, walaupun UN tidak menentukan kelulusan, hasil ujian nasional akan digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah atas.

“Jadi para guru maupun siswa untuk tetap komitmen bahwa ujian nasional sangat penting,” ujar Mutakin ketika dihubungi reporter mataairradio, Sabtu (7/5/2016) siang.

Meskipun belum ada UNBK SMP di Kabupaten Rembang, pihaknya mengaku memiliki kiat agar sekolah dan siswa peserta ujian nasional tetap jujur dalam penyelenggaraan UN.

“Kejujuran melalui pendidikan karakter, peran pengawas ruang guna menjalankan tugas sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi), bukan pengawas yang medeni (menakut-nakuti) lho,” tandasnya.

UN bagi siswa SMP sederajat akan dimulai pada Senin (9/5/2016) depan. Naskah soal UN yang dikirim oleh pihak percetakan dari Kudus telah sampai di Kabupaten Rembang, Sabtu (7/5/2016) dini hari.

Selanjutnya, naskah soal didistribusikan dan disimpan di masing-masing rayon, yaitu Rayon 1 Rembang di Kantor Disdik Rembang, Rayon 2 di SMPN 1 Lasem, Rayon 3 di SMP Negeri 1 Pamotan, dan Rayon 4 di SMP Negeri 1 Kragan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan