Peran Karang Taruna di Setiap Desa Dipertanyakan

Thursday, 28 August 2014 | 16:30 WIB

Pelantikan FKKT Kabupaten Rembang oleh Plt Bupati Abdul Hafidz, Kamis (28/8) pagi. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Plt Bupati Rembang Abdul Hafidz, Kamis (28/8) pagi melantik 42 orang pengurus forum komunikasi karang taruna kabupaten. Hafidz sempat mempertanyakan peran karang taruna di setiap desa mengingat mereka adalah jembatan pemenuhan kebutuhan sosial masyarakat.

Dia juga menyebut karang taruna perlu ikut berperan aktif dalam memajukan desa, terutama menyangkut pelaksanaan undang-undang desa. Masyarakat di setiap desa memiliki harapan besar terhadap karang taruna sebagai organisasi pemuda yang berorientasi pada sosial kemasyarakatan.

Hafidz mengakui, Pemkab Rembang pun menaruh harapan besar terhadap karang taruna. Sebab, penanganan persoalan sosial yang merupakan bagian dari program negara, perlu didukung karang taruna. Tidak hanya pembangunan infrastruktur saja yang penting, tetapi pembangunan sosial juga sama penting.

Plt Bupati juga menyebutkan, belum lama ini Rembang mampu menampilkan karang taruna terbaik di level Jawa Tengah. Karang Taruna Catur Eka Bhakti dari Punjulharjo dianugerahi Karang Taruna Berprestasi setelah menjadi Juara I Lomba Pilar-Pilar Sosial Tingkat Provinsi.

Ketua Forum Komunikasi Karang Taruna Kabupaten Rembang Janadi Hadi Nugroho menyadari pentingnya peran karang taruna di setiap desa, apalagi UU tentang Desa segera dilaksanakan. Menyangkut hal ini, dia menyatakan akan segera turun ke bawah.

Menurutnya, setiap kecamatan akan segera melakukan temu karya yang didalamnya juga untuk memilih forum komunikasi karang taruna kecamatan. Dia sendiri dipilih secara mufakat oleh peserta temu karya untuk menjadi FKKT Kabupaten Rembang.

Pembina Forum Komunikasi Karang Taruna Kabupaten Rembang Waluyo berjanji untuk terus memotivasi dan membimbing 42 orang pengurus FKKT yang baru. Kepala Dinas Sosial ini berharap agar mereka bisa membantu peran pemerintah desa.

Menurut Waluyo, karang taruna perlu membantu memberdayakan semua potensi yang ada di desa. Mereka juga perlu mendorong desa agar bisa berkarya dan mandiri serta membantu program Pemerintah dalam upaya menyejahterakan masyarakat. (Pujianto)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan