Rencana Penyambungan Listrik di Ngotoko Masih Remang-remang

Selasa, 15 Juli 2014 | 15:33 WIB
Kampung Dusun Ngotoko Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang masih belum teraliri listrik PLN hingga Selasa (15/7) ini. (Foto:Pujianto)

Kampung Dusun Ngotoko Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang masih belum teraliri listrik PLN hingga Selasa (15/7) ini. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Rencana penyambungan listrik di Dusun Ngotoko Desa Pasedan Kecamatan Bulu hingga Selasa (15/7) ini masih belum jelas alias remang-remang. Pasalnya, baik pihak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral maupun PT PLN (Persero) Rayon Rembang belum memastikan penyambungan pada tahun ini.

Manajer PT PLN (Persero) Rayon Rembang Jarmuji bahkan menegaskan kalau dari internalnya belum akan melakukan investasi untuk Ngotoko di tahun ini. Menurutnya, investasi yang dikeluarkan untuk Ngotoko tidak sebanding dengan pendapatan yang akan diperoleh PLN.

Selain karena jarak tempuh dan medan yang terjal, jumlah rumah tangga di dusun ini hanya puluhan, atau tepatnya 62 keluarga. Namun pihaknya mengaku mendengar rencana penyambungan listrik oleh Pemkab Rembang. Modelnya nanti, setelah instalasinya terbangun, baru akan dihibahkan ke PLN.

Kepala Bidang Minyak, Gas, dan Energi pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Rembang Imam Teguh Susatyo mengonfirmasi bahwa ada program jaringan listrik desa untuk Dusun Ngotoko Desa Pasedan pada tahun ini.

Menurutnya, program ini masih dalam proses di tingkat Jawa Tengah karena berasal dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi. Namun dia tak tahu, apakah proses lelang program ini, sudah berjalan atau sudah selesai, ataukah belum. Apalagi, lelang program ini tidak hanya untuk Rembang, tetapi juga Blora dan Grobogan.

Imam mengaku minim informasi mengenai “progress” atau perkembangan program jaringan listrik desa ini. Hanya saja, menurutnya, kegiatan tersebut ada di tahun ini, namun pihaknya tidak berani menjamin, program ini bisa diwujudkan tahun ini atau justru molor.

Sebelumnya diberitakan, warga Dusun Ngotoko berharap kepada Pemerintah agar tidak lagi membohongi mereka soal penyambungan listrik. Sejauh ini, hanya instalasi rumah tangga yang sudah dipasang, sedangkan pal atau tiang listrik belum ada tanda-tanda akan disalurkan, apalagi didirikan.

Ngami, Kepala Dusun Ngotoko menyebut, sempat ada kabar dari Pemerintah, bahwa jaringan listrik di dusunnya akan terpasang Mei kemarin. Namun di bulan Juli ini, masih nihil. Rencana penyambungan listrik di Ngotoko sudah berulang kali dilancarkan Pemerintah, namun berulang kali pula meleset akibat medan yang terjal. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan