Pengusaha Percetakan Sayangkan Surat Suara Pilkades Akan Dicetak Luar Rembang

Jumat, 23 Agustus 2019 | 15:39 WIB

Ilustrasi mesin cetak kertas. (Foto: infopercetakan.com)

REMBANG, mataairradio.com – Jelang Pilkades Serentak 6 November 2019 mendatang, berbagai sorotan muncul. Pasalnya pasca bimbingan teknis Pilkades di lantai IV Kantor Bupati pada Kamis (22/8/2019) kemarin ada desas-desus pencetakan surat suara pada Pilkades mendatang akan di garap oleh pemborong dari luar Rembang yaitu CV Larasati dari Purwodadi.

Ahmad Mujib Ketua Asosiasi Pengusaha Percetakan (APP) Rembang menyayangkan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) malah mengundang percetakan dari luar Rembang, padahal banyak percetakan di Rembang yang mampu untuk mengerjakan proyek tersebut. Seperti Fatma Grafika, Bina Grafika, dan Selecta Grafika.

Sehingga tindakan Pemkab sangat ironis ditengah visi menghidupkan UMKM yang ada di Rembang. Apalagi perputaran uang yang jumlahnya miliaran tersebut. Sehingga pertumbuhan ekonomi yang ada di Rembang bisa naik dengan pesat.

“Kemampuan mesin kami, para pengusaha percetakan yang ada di Rembang sudah mampu mencetak tapi kenapa malah ada CV luar yang masuk, ini kan ironis,” ungkapnya.

Padahal ada beberapa desa di wilayah Lasem, Kragan, dan Sarang yang sudah berencana untuk mencetakkan surat suara Pilkades ke percetakannya. Namun dalam kenyataan saat Bintek dengan Pemkab malah seakan-akan sudah dikondisikan untuk pencetakkan surat suara ke pemborong luar Rembang.

Dirinya mengaku mendapatkan informasi tersebut bahkan dari salah satu peserta Bintek yang menanyakan kenapa tidak ada pengusaha percetakan dari dalam (Rembang) sendiri.

“Ya walaupun kewenangan mencetak surat suara ada di panitia Pilkades, kalau sudah dikoordinir seperti itu mau gimana lagi, harapan kami Pemkab (Tapem) ya harus bijaksana lah,” pungkasnya.

Dalam Pilkades serentak tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya untuk jenis surat suara. Jika dahulu menggunakan simbol seperti ketela, jagung, dan padi serta dicetak dengan warna hitam putih, untuk Pilkades serentak 2019 kali ini surat suara menggunakan foto calon dan berwarna. Pilkades serentak yang akan digelar 6 November 2019 diikuti oleh 237 desa/kelurahan se-Kabupaten Rembang.

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor: Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan