Pengesahan APBDP 2015 Rembang Molor

Minggu, 27 September 2015 | 15:20 WIB
Ketua DPRD Rembang Majid Kamil. (Foto:Pujianto)

Ketua DPRD Rembang Majid Kamil. (Foto: Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2015 Kabupaten Rembang dipastikan molor dari batas ketentuan yang seharusnya, 30 September, karena hingga saat ini rancangan APBDP belum diterima oleh DPRD setempat.

“Nggak mungkin (ditetapkan sebelum 30 September 2015). Rancangan APBDP-nya saja belum kita terima. Setelah diserahkan (oleh TAPD) pun, masih ada pembahasan. Rapat paripurnanya bisa 4-5 kali,” ungkap Ketua DPRD Rembang Majid Kamil kepada mataairradio, Minggu (27/9/2015).

Menurutnya, saat ini yang pembahasannya sudah selesai adalah kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara untuk APBD Perubahan 2015.

“Begitu nanti RAPBDP kami terima, kami akan langsung gelar rapat badan musyawarah (Banmus) untuk menjadwalkan rapat paripurna pembahasan APBD Perubahan,” tegasnya.

Majid juga mengungkapkan, sembari menunggu masuknya naskah RAPBDP, pembahasan KUA PPAS untuk APBD Induk 2016, terus dibahas dan diyakini sudah akan selesai pada Jumat, 2 Oktober nanti.

“Jika semua lancar, APBDP 2015 sudah akan bisa ditetapkan paling cepat 10 Oktober. Itu masih mungkin molor lagi. Mestinya, APBDP disahkan paling lambat 3 bulan sebelum akhir tahun anggaran yang berjalan,” terangnya.

Menurut politisi PPP ini, pengesahan APBDP yang molor tidak ada sanksinya. Apalagi, molornya pengesahan terjadi lantaran perubahan regulasi dari Pusat dan hal yang sama dialami oleh daerah, tidak hanya Rembang.

“Tetapi, memang akan berpengaruh terhadap penyelesaian kegiatan. Hal ini akan disikapi dengan mengesahkan hanya kegiatan yang mencukupi waktunya saja,” tegasnya.

Majid menegaskan, meski dikejar oleh waktu, pembahasan APBD Perubahan tidak akan dibahas secara terburu-buru, karena pencermatan tetap dilakukan sebagai kontrol terhadap Pemerintah.

“Daripada pembahasannya buru-buru dan hasilnya tidak bisa dikerjakan, akan lebih baik kita tetap cermat. Paling, kita akan membahas secara lebih ekstra, dalam hal waktu,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan