Pengepakan Surat Suara, KPU Rembang Targetkan Lima Hari

Jumat, 5 April 2019 | 17:42 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang sudah memulai melakukan pengepakan surat suara ke dalam kotak suara pada Kamis (4/4/2019). (Foto: mataairradio.com)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Jelang hari-H pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang sudah memulai melakukan pengepakan surat suara ke dalam kotak suara pada Kamis (4/4/2019) kemarin.

Ketua KPU Rembang Iqbal Fahmi menyatakan bahwa pengepakan dilakukan di empat gudang yang disewa KPU yaitu di bekas gudang Coca Cola, gudang depan Dinas Pendidikan, Gudang Sawahan dan gudang baru di sebelah Klenteng Desa Sumberjo.

Tahapan pengepakan ini merupakan hal yang penting karena memasukkan sejumlah surat suara beserta form yang diperlukan pada saat pungut hitung serta sejumlah alat pencoblosan seperti paku dan bantalan. Jika ada barang yang terlewat maka bisa berakibat fatal pada saat pemungutan suara nantinya.

Teknisnya masing-masing kecamatan melakukan pengepakan di satu gudang, sehingga dalam satu hari ada empat kecamatan yang sudah melakukan pengepakan.

Dirinya menargetkan proses pengepakan ini selesai maksimal tanggal 9 April 2019 mendatang atau sekitar lima hari dari jadwal pengepakan dimulai.

“Targetnya tanggal sembilan selesai dan tanggal sebelas nanti bisa didistribusikan ke semua kecamatan Mas,” ungkapnya.

Pengepakan sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, karena perlu ketelitian dalam memasukkan jumlah surat suara sesuai dengan DPT yang ada dalam suatu TPS.

Satu Kecamatan sendiri membutuhkan waktu lebih dari 12 jam, karena kemarin empat kecamatan memulai pengepakan dari pukul 09.00 sampai tengah malam sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Padahal pengepakan melibatkan PPK dan PPS.

Iqbal menambahkan total kotak suara seluruh kabupaten berjumlah 10.865 kotak. Namun tiap kecamatan berbeda jumlah kotak suaranya.

“Karena kotaknya banyak, ya perlu teliti dan sabar dalam pengepakan Mas,” pungkasnya.

Juri Ketua PPK Sedan mengaku melakukan pengepakan dari pagi sampai dini hari, hal itu dilakukan untuk berhati-hati jangan sampai ada surat suara atau barang yang tertinggal dan tidak dimasukkan dalam kotak.

 

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan