Pengendara Tanpa Helm Dominasi Pelanggaran Operasi Zebra

Tuesday, 14 November 2017 | 19:56 WIB

Ilustrasi

 

REMBANG, mataairradio.com – Pengendara sepeda motor tanpa helm mendominasi jenis pelanggaran saat berlangsung Operasi Zebra yang digelar oleh pihak Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Rembang sejak 1 November hingga 14 November 2017.

“Paling banyak pelanggaran helm ada 658 pelanggaran,” ungkap Kepala Satlantas Polres Rembang AKP Ariakta Gagah Nugraha kepada mataairradio.com, Selasa (14/11/2017) petang.

Kasatlantas belum menjelaskan secara terperinci jenis pelanggaran lainnya, termasuk berapa jumlah pelanggaran masing-masing di Operasi Zebra kali ini.

“Untuk data pelanggaran (lainnya), saya cek dulu ya Mas,” ujarnya.

Namun dari catatannya, Ariakta menilai, tingkat ketertiban dan kepatuhan berkendara masih banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran.

“(pelanggaran) Itu karena kurang sadarnya pengguna kendaraan bermotor untuk tertib berlalu lintas. Bisa dibuktikan dari jumlah penindakan pelanggaran yang masih relatif banyak jumlahnya khususnya pengguna sepeda motor,” terangnya.

Ia menegaskan, kesadaran untuk berkendara yang aman masih sangat kurang sehingga tingkat kerawanan dan fatalitas yang ditimbulkan akibat pelanggaran tersebut berpotensi sangat tinggi.

Meskipun tingkat pelanggaran masih terbilang tinggi, namun Kasatlantas menyatakan, jika dibandingkan dengan hasil Operasi Zebra pada 2016, terdapat perbaikan.

“(tingkat kepatuhan atau ketertiban pelalu lintas, apabila dibandingkan dengan tahun lalu) Kita evaluasi lebih baik (tahun ini) Mas karena Dikmas Lantas juga jalan terus,” terang Ariakta.

 

 

Penulis: Pujianto

Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan