Penduduk Rembang 612.552, Calon Perseorangan Silakan Berhitung

Senin, 2 Maret 2015 | 18:11 WIB
Ilusrasi peta Kabupaten Rembang Jawa Tengah.

Ilusrasi peta Kabupaten Rembang Jawa Tengah.

REMBANG, mataairradio.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rembang sudah mengirimkan data jumlah penduduk terkini kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Kepala Dinpendukcapil Rembang Daenuri mengungkapkan, data jumlah penduduk sudah disampaikan kepada KPU setelah pihaknya menerima disposisi surat dari Pelaksana Tugas Bupati Rembang pada 18 Februari kemarin.

“Data yang disampaikan itu merupakan jumlah penduduk terkini yaitu 612.552 jiwa,” bebernya kepada mataairradio.

Dia menegaskan, jumlah penduduk tersebut merupakan data bersih, hasil kroscek antara yang tercantum di sistem administrasi kependudukan dan data di Provinsi serta Kementerian Dalam Negeri.

“Kami tidak tahu untuk apa data itu diminta oleh KPU Rembang. Kami belum diajak rapat,” katanya

Ketua KPU Rembang Minanus Suud membenarkan sudah menerima data jumlah penduduk terkini dari Dinpendukcapil, tertanggal 23 Februari 2015.

Dia pun meralat keterangannya di mataairradio bahwa pihaknya belum menerima data jumlah penduduk.

Lebih lanjut Suud menerangkan, jumlah penduduk terkini Rembang yang 612.552 jiwa, akan digunakan sebagai acuan untuk menentukan syarat dukungan calon perseorangan yang maju di Pilkada.

“Jumlah penduduk yang kami terima dari Dinpendukcapil tertanggal 23 Februari 2015, sebanyak 612.552 jiwa, terdiri atas 310.478 laki-laki dan 302.074 perempuan,” tandasnya.

Seperti diketahui, syarat dukungan penduduk bagi calon perseorangan di Pilkada Rembang sebesar 7,5 persen. Angka itu tak dibuat secara “ngawur” oleh KPU.

“Menurut ketentuan di Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pilkada, syarat dukungan calon perseorangan pada daerah berpenduduk antara 500.000-1.000.000 jiwa, ditentukan sebesar 7,5 persen,” terangnya.

Pada perbincangan dengan mataairradio, Senin (2/3/2015) siang, pihak KPU juga menyebutkan, kebutuhan anggaran Pilkada Rembang 2015 mencapai Rp16 miliar untuk satu putaran.

“Namun besaran anggaran itu akan dirasionalisasi sehingga menjadi tidak lebih dari Rp15 miliar,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan