Pendaftaran Calon Bupati dari PKB Ditutup, Hamzah?

Kamis, 16 April 2015 | 18:50 WIB
Atna Tukiman dan Sugeng Ibrahim saat mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati Rembang dari Partai Kebangkitan Bangsa, Selasa (14/4/2015) siang. (Foto: Pujianto)

Atna Tukiman dan Sugeng Ibrahim saat mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati Rembang dari Partai Kebangkitan Bangsa, Selasa (14/4/2015) siang. (Foto: Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Masa pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Rembang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah ditutup Rabu (15/4/2015) tengah malam kemarin. Akhirnya ada tujuh nama bakal calon bupati dan empat nama bakal calon wakil bupati yang mendaftar lewat partai ini.

Ketua Desk Pilkada PKB Rembang Arif Agung Cholili mengungkapkan, sampai dengan pukul 21.00 WIB hari Rabu (15/4/2015) itu, memang baru Harno, Yaqut Cholil Qoumas, Atna Tukiman, dan Imam Baehaqi yang mendaftar sebagai bakal calon bupati. Namun ada tiga orang lagi yang mendaftar setelahnya.

Tiga itu adalah Chusnuniyah Chalim, Bisri Cholil Laquf, dan seorang birokrat yang oleh Cholili tak disebutkan namanya. Soal nama Bisri Cholil Laquf yang notabene adik kandung dari Yaqut Cholil Qoumas, menurut Cholili, keduanya memiliki hak masing-masing sebagai kader partai.

“Semalam itu pukul 21.00, kita tutup dengan doa, sambil menunggu konfirmasi pendaftar lain. Para kiai menutupnya dulu karena keburu pulang. Tiga orang yang kita tunggu dan akhirnya konfirmasi itu Chusnuniyah Chalim, Bisri Cholil Laquf, dan seorang birokrat. Akhirnya, tujuh bupati, empat wakil,” katanya.

Seperti diketahui, Harno adalah seorang bos koperasi dan anggota DPRD Rembang, sedangkan Yaqut Cholil adalah anggota Komisi III DPR RI dan mantan Ketua DPC PKB Rembang. Lalu Atna Tukiman juga seorang bos koperasi dan Imam Baehaqi yang seorang akademisi.

Adapun Chusnuniyah Chalim adalah anggota DPR RI asli Lasem sekaligus bakal calon bupati Lampung Timur, sedangkan Bisri Cholil Laquf adalah Wakil Ketua DPRD Rembang dari PKB. Ditanya lagi soal sosok birokrat yang mendaftar lewat PKB di menit-menit terakhir pendaftaran, Cholili masih bungkam.

Demikian juga ketika wartawan menyebut nama Hamzah Fatoni, Ketua Desk Pilkada PKB itu tidak membenarkan atau menampiknya. Nama itu sengaja dirahasiakan agar masyarakat penasaran. Namun akan dibuka ketika uji publik yang digelar partai pada bulan Mei nanti.

“Saya kasih bocorannya saja, Ketua Fraksi pernah menyebut Hamzah Fatoni dan Desk Pilkada pernah menyebut Suswantoro. Nggak kita ungkapkan yang birokrat itu. Biar masyarakat penasaran. Agar beritanya makin hangat. Nanti waktu uji publik juga tahu sendiri,” katanya.

Cholili menambahkan, empat nama bakal calon wakil bupati dari PKB masing-masing Sugeng Ibrahim yang merupakan Ketua DPC Partai Nasdem, David Ciputra Cahyono yang seorang pengusaha muda, Fredy Yuwono yang merupakan eksportir di bidang perikanan, dan Rosyidah, anggota DPRD Jateng.

Tahapan yang paling dekat setelah penutupan masa pendaftaran adalah penyaringan di tingkat pengurus anak cabang atau PAC. Pada akhirnya nama-nama yang terbaik akan diusulkan kepada Dewan Pengurus Pusat PKB untuk diuji kelayakan dan kepatutan secara final sebelum diterbitkan rekomendasi.

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan