Pemuda Bonang Ramai-ramai Bersihkan Pantai dari Sampah

Wednesday, 2 September 2020 | 00:47 WIB

Puluhan pemuda di Desa Bonang Kecamatan Lasem saat melakukan aksi bersih pantai, pada Selasa (1/9/2020) sore. (Foto: mataairradio.com)

LASEM, mataairradio.com – Sebanyak 70 pemuda di Desa Bonang Kecamatan Lasem ramai-ramai memungut sampah yang mengotori pantai di daerahnya, pada Selasa (1/9/2020) sore.

Aksi tersebut muncul setelah desa itu menggagas salah satu program peduli lingkungan melalui bank sampah.

Ketua Karang Taruna “Wahana Bakti” Desa Bonang-Lasem Muhammad Syafiq menjelaskan, pihaknya sengaja menciptakan bank sampah, sebagai gebrakan untuk mengatasi persoalan sampah yang dibuang secara sembarangan di pantai.

Ia mengungkap, sebelum adanya bank sampah masyarakat kesulitan membuang sampah, lantaran minimnya lahan untuk tempat pembuangan akhir sampah.

“Aksi bersih pantai ini dilakukan sebagai tindakan untuk mengawali program bank sampah. Sampah yang kami pungut itu, nanti disortir di bank sampah. Dengan itu akan memberikan pendapatan secara mandiri bagi karang taruna,” terangnya.

Sementara itu, salah satu anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Bonang Arinal Haqqal Yaqin mengapresiasi kegiatan bersih pantai yang dilakukan pemuda di desanya.

Dia menyarankan agar aksi bersih pantai itu dikakukan secara berkala, mengingat banyaknya volume sampah yang memenuhi pantai di desanya.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, sebab menjadi awal kepedulian masyarakat untuk bergaya hidup sehat. Harapannya aksi ini dilakukan secara masif, jadi aksi yang sudah   lakukan dapat berjalan maksimal,” pungkasnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil

Editor: Mukhammad Fadlil




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan