Pemkab Rembang Bakar Aset Negara Senilai Rp25,9 Miliar Lebih

Kamis, 14 Maret 2019 | 17:22 WIB

Pemerintah Kabupaten Rembang menghapus aset milik negara dengan sebanyak 312.274 unit dengan nilai Rp25.983.062.805 cara dibakar di Desa Landoh Kecamatan Sulang, Kamis (14/3/2019). (Foto: mataairradio.com)

 

SULANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang menghapus aset milik negara dengan cara dibakar, pada Kamis (14/3/2019) pagi, di Gudang milik Pemkab setempat, di Desa Landoh Kecamatan Sulang.

Sejumlah barang aset milik negara pada Dinas Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang, senilai Rp25,9 miliar lebih.

Mardi Kepala Dindikpora Kabupaten Rembang menjelaskan, aset milik negara yang dimusnahkan tersebut merupakan barang aset yang kondisinya sudah dalam keadaan rusak berat, sehingga tidak lagi digunakan dan tidak memiliki nilai jual.

Menurutnya, pemusnahan barang aset milik negara yang sudah tidak memiliki nilai fungsi itu penting dilakukan, sebagai upaya untuk mewujudkan tertib administrasi. Selain itu juga untuk memudahkan inventarisir barang yang dimiliki oleh Pemerintah.

“Barang-barang yang kondisinya rusak berat dan masih dalam pengelolaan aset daerah, harus ditindaklanjuti upayanya yakni dihapuskan dengan cara dimusnahkan (Dibakar, red.). Karena barang yang rusak berat itu sudah tidak punya nilai, sudah tidak manfaat,” terangnya.

Ada sebanyak 312.274 unit barang yang dimusnahkan dalam kegiatan tersebut. Ratusan ribu barang yang dibakar didapat dari sekolah-sekolah dibawah naungan Dindikpora Kabupaten Rembang.

“Jumlah barang yang dimusnahkan sebanyak 312.274 unit dengan nilai Rp25.983.062.805, kalau tidak dimusnahkan, nanti di catatan, nilai barang itu masih, namun secara faktual barang tersebut sudah tidak bisa dipakai, tidak bisa digunakan.

Kalau nanti ini sudah dimusnahkan maka akan dikeluarkan dari pencatatan nilai barang milik daerah. Sehingga administrasinya lebih tertib, dan pengelolaannya jadi lebih baik,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan