Pemerintah Diminta Segera Pulihkan Pasar Pandangan

Minggu, 22 Februari 2015 | 15:01 WIB
Sejumlah pedagang berusaha menyelamatkan barang dagangan, Minggu (22/2/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

Sejumlah pedagang berusaha menyelamatkan barang dagangan, Minggu (22/2/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

 

KRAGAN, mataairradio.com – Pedagang di Pasar Pandangan Kecamatan Kragan yang kios dan dagangannya ludes terbakar pada Minggu (22/2/2015) dini hari, meminta kepada Pemerintah agar segera memulihkan kios mereka.

Permintaan itu perlu direspon cepat agar ekonomi pedagang korban kebakaran tidak terpuruk. Ali Imron, salah satu pedagang korban kebakaran Pasar Pandangan mengaku kehilangan tiga lapak sembako.

“Kami sudah 12 tahun berjualan di pasar ini. Namun kini semuanya ludes. Jika diitung, nilai kerugiannya mencapai Rp70 juta,” katanya sambil terisak.

Angka kerugian itu disebutnya cukup besar dan berdampak karena merupakan sumber ekonomi keluarga satu-satunya.

“Kami tidak bisa menyelamatkan barang dagangan karena jarak rumah dengan pasar mencapai tujuh kilometer. Kami langsung gugup dan panik tak karuan begitu mendapat kabar pasar kebakaran,” bebernya yang merupakan warga Desa Sumurtawang.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Rembang Muntoha mengaku sudah mengitung nilai kerugian pedagang.

“Itungan sementara, kerugian fisik bangunan akibat kebakaran mencapai Rp350 juta, sedangkan kerugian barang dagangan mencapai Rp660 juta,” katanya.

Menurutnya, los lima yang dihuni 36 lapak atau kios pedagang mesti dibongkar total, sedangkan 8 kios di los empat masih bisa digunakan oleh pedagang.

“Kami sudah meminta kepala pasar dan kepala bidang bina pasar untuk mencarikan tempat sementara guna berjualan pedagang,” tandasnya.

Dia juga mengaku sudah melaporkan kebakaran Pasar Pandangan ke Pelaksana Tugas Bupati Rembang. Rencananya, perbaikan akan segera dilaksanakan, meski secara darurat.

“Los darurat akan dibuat dari kayu dan diupayakan selesai maksimal dua bulan ke depan,” tegasnya.

Camat Kragan Mashadi juga mengaku akan melayangkan laporan tertulis kepada Plt Bupati Rembang yang ditembuskan kepada dinas terkait guna rehab Pasar Pandangan pasca-kebakaran.

“Kami juga telah mengubungi pula Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang untuk merumuskan langkah perbaikan Pasar Pandangan,” kata dia.

Camat Kragan mengatakan, Pasar Pandangan bukan lagi pasar desa, melainkan pasar daerah, sehingga perlu segera diperbaiki agar perekonomian tidak terganggu.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan