Pelantikan Perangkat Desa Tak Dipungut Biaya

Selasa, 6 November 2018 | 14:00 WIB

Pelaksanaan tes pengisian perangkat desa di SMA Negeri 2 Rembang, pada Ahad (4/11/2018) lalu berlangsung lancar. Hingga Selasa (6/11/2018) tidak ada persoalan yang dilaporkan kepada pihaknya. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Rembang mengingatkan kepada seluruh pemerintahan desa agar tidak meminta uang kepada perangkat terpilih untuk kepentingan pelantikan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang, Gunari menyatakan, larangan tersebut sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Namun, menurutnya, apabila para perangkat terpilih itu secara suka-rela menyumbang uang kepada panitia untuk proses pelantikan tidak ada masalah.

“Bisa jadi, para perangkat yang terpilih menyumbang lantaran menginginkan ada sanak saudara yang hadir saat pelantikan,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan pelantikan perangkat dilakukan di masing-masing desa lantaran yang mengeluarkan SK adalah Kepala Desa.

“Pihak Tata Pemerintahan hanya memantau dan datang, kalau memang diundang,” katanya.

 

Suasa saat pelaksanaan tes seleksi perangkat desa baru, di SMA Negeri 2 Rembang pada Ahad (4/11/2018). (Foto: mataairradio.com)

 

Gunari mengungkapkan, pelaksanaan tes pengisian perangkat desa di SMA Negeri 2 Rembang, pada Ahad (4/11/2018) lalu berlangsung lancar.

“Hingga Selasa (6/11/2018) ini, tidak ada persoalan yang dilaporkan kepada kami,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, berdasarkan regulasi sehari setelah pelaksanaa tes, pihak panitia melaporkan pelaksanaan tes kepada masing-masing kepala desa.

“Jika tidak ada persoalan, selanjutnya Kades mengajukan rekomendasi kepada Camat setempat,” tandasnya.

Dia juga menyebutkan, ada sebanyak 131 perserta yang mengikuti seleksi, namun hanya ada 130 peserta yang hadir pada pelaksanaan tes. Satu orang peserta tidak hadir dikarenakan sakit.

“Yang (Mengikuti, red.) tes kemarin sebanyak 130 peserta. Dari 131 yang sakit satu, sehingga tidak bisas mengikuti ujian,” terangnya, saat dikonfirmasi mataairradio.com.

Berdasarkan data dari Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang, ada kuota sebanyak 16 formasi dari tujuh desa yang melakukan pengisian perangkat desa baru.

Rinciannya, Desa Karangmangu Kecamatan Sarang ada dua formasi, Desa Kebloran Kecamatan Kragan tiga formasi, dan Desa Ngroto Kecamatan Pancur satu formasi.

Kemudian Desa Samaran Kecamatan Pamotan tiga formasi, Desa Landoh dan Glebeg Kecamatan Sulang ada empat dan satu formasi, serta Desa Logung Kecamatan Sumber dua formasi.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan