Pelantikan Dua Kades di Rembang Belum Jelas

Thursday, 2 January 2014 | 17:43 WIB
234 kepala desa terpilih di Kabupaten Rembang dilantik oleh Bupati Mochammad Salim di Pendapa Museum Kartini Rembang, beberapa waktu lalu. (Foto:Rom)

234 kepala desa terpilih di Kabupaten Rembang dilantik oleh Bupati Mochammad Salim di Pendapa Museum Kartini Rembang, beberapa waktu lalu. (Foto:Rom)

REMBANG, MataAirRadio.net – Pelantikan kades terpilih di Desa Tlogotunggal Kecamatan Sumber dan Desa Kendalagung Kecamatan Kragan, masih belum jelas. Pemerintah Kabupaten Rembang belum menerima surat permintaan penetapan dan pelantikan dari dua desa tersebut.

Surat permohonan pelantikan kades terpilih Tlogotunggal mestinya disampaikan oleh Camat Sumber. Sebab, pemungutan suara ulang Pilkades Tlogotunggal, diambil alih oleh Pemkab Rembang yang didalamnya ada keterlibatan kecamatan. Sedangkan pelantikan kades terpilih Kendalagung, memerlukan surat dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang Akhsanudin mengakui, belum mendapat surat permintaan pelantikan kades di dua desa tersebut. Pihaknya masih menunggu surat itu untuk menentukan jadwal pelantikan. Namun, sesuai aturan, 30 hari setelah terpilih, kades baru harus dilantik.

Meski tanggal pelantikan masih belum jelas, Akhsanudin memastikan pelaksanaannya tidak akan melebihi 30 hari. Pihaknya segera menghubungi BPD Kendalagung dan Camat Sumber, agar segera mengajukan pelantikan. Apalagi sejauh ini, nyaris tidak ada protes terhadap pelaksanaan pilkades di dua desa tersebut.

Mengenai nasib Pilkades Dadapmulyo Kecamatan Sarang, Pemkab Rembang masih belum menentukan kelanjutannya. Yang jelas, pilkades sudah ditunda. Lantaran ada edaran dari Mendagri yang meminta penundaan pilkades ketika jatuh pada tahun 2014, maka akan ditunda pada 2015.

Akhsanudin menyebutkan, selain Dadapmulyo, Pilkades Kajar Kecamatan Gunem dan Babaktulung Kecamatan Sarang, juga ditunda. Demikian pula dengan 27 desa yang pada 2014, mestinya jatuh pilkades, juga akan ditunda mundur menjadi pada 2015.

Camat Sumber Heriyono menyatakan segera menyusun surat permintaan pelantikan Kades terpilih Tlogotunggal. BPD Kendalagung pun menyatakan segera membuat surat serupa. Sejauh ini, surat belum disusun karena terkendala libur Tahun Baru.

Kades terpilih Tlogotunggal yang diusulkan untuk dilantik adalah Winarto. Sementara dari Kendalagung adalah Tasmiah. Pada pilkades kemarin, keduanya adalah calon kades dengan tanda gambar ketela. Pasca-pesta demokrasi tingkat desa ini, situasi wilayah setempat, masih terpantau kondusif. (Pujianto)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan