15 Legislator Absen Saat Pelantikan Sumarsih menjadi Anggota DPRD

Kamis, 9 Oktober 2014 | 13:00 WIB
Rapat Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah/Janji Jabatan Anggota DPRD Rembang Hasil Pemilu 2014 atas nama Sumarsih di Gedung DPRD Rembang, Kamis (9/10/2014) siang. (Foto: Pujianto)

Rapat Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah/Janji Jabatan Anggota DPRD Rembang Hasil Pemilu 2014 atas nama Sumarsih di Gedung DPRD Rembang, Kamis (9/10/2014) siang. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Anggota DPRD terpilih dari PDI Perjuangan Sumarsih akhirnya dilantik, Kamis (9/10/2014). Sumarsih tidak turut dilantik bersama 44 anggota DPRD terpilih lainnya pada 14 Agustus lalu, lantaran berhalangan hadir karena saat itu sedang menjalani persalinan.

Pelantikan Sumarsih ini dilakukan melalui rapat paripurna istimewa pengucapan sumpah/janji jabatan anggota DPRD hasil Pemilu 2014 di Gedung DPRD setempat. Acara pelantikan dimulai pukul 10.58 WIB dengan dipandu oleh Ketua DPRD Rembang Majid Kamil MZ.

Sebelum meminta pembawa acara untuk memulai seremonial pelantikan, Majid Kamil mengatakan, pelantikan anggota DPRD hasil Pemilu 2014 atas nama Sumarsih dilakukan berdasarkan rapat fraksi dengan pimpinan DPRD.

“Lantaran Pimpinan DPRD sudah ditetapkan dan disahkan melalui rapat paripurna istimewa pada 4 Oktober kemarin, maka berdasarkan rapat fraksi yang digelar setelahnya sepakat untuk melantik saudari Sumarsih pada Kamis 9 Oktober ini,” ujar Majid Kamil.

Dia juga mengatakan, karena rapat paripurna tidak mengambil keputusan penting, maka rapat digelar tanpa memperhitungkan kuorum. Tercatat hanya 29 anggota DPRD yang hadir secara fisik dan mengisi daftar hadir, sedangkan 15 anggota dewan lainnya absen.

“Acara pengambilan sumpah/janji jabatan ini mengacu pada aturan Pasal 6 dan 7 Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2010,” terangnya.

Dalam sumpahnya, Sumarsih menyatakan akan memenuhi kewajibannya sebagai anggota DPRD dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.

“Akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan, serta akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional,” ucap Sumarsih.

Paripurna ditutup dengan doa yang dilanjutkan pengetukan palu pimpinan yang mengakhiri rapat pada sekitar pukul 11.18 WIB. Setelah melantik Sumarsih, pimpinan DPRD menggelar rapat paripurna internal penetapan tata tertib DPRD.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan