Pekan Depan, KPU Mulai Cetak Surat Suara

Senin, 26 Oktober 2015 | 19:27 WIB
Seorang anggota polisi dari Polres Rembang melihat replika kotak suara pada acara kirab kampanye damai Pilkada Rembang, 29 Agustus 2015. (Foto: Pujianto)

Seorang anggota polisi dari Polres Rembang melihat replika kotak suara pada acara kirab kampanye damai Pilkada Rembang, 29 Agustus 2015. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – KPU Rembang menyatakan siap mencetak surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2015, pekan depan.

Pekan ini, KPU masih mematangkan konsep surat suara sebelum dicetak oleh rekanan.

Komisioner Divisi Perencanaan KPU Rembang Maftukhin, Senin (26/10/2015) pagi mengungkapkan, file foto pasangan calon sudah diserahkan kepada pihaknya pada 23 Oktober lalu.

“File foto itu akan kami serahkan secara langsung ke rekanan, tidak dikirim (via email), agar tingkat resolusinya tidak berubah dan hasilnya sesuai harapan,” ujarnya kepada mataairradio.

Rencananya, rekanan akan dipanggil datang ke Rembang pada Selasa 27 Oktober ini untuk mengambil file foto pasangan calon.

“Proses cetak surat suara butuh waktu 1-2 minggu dan dijadwalkan sudah beres tercetak pada pekan ketiga November. Setelah itu kita proses lipat,” terangnya.

Lalu seperti apa foto pasangan calon yang akan dipampang pada surat suara? Maftukhin menyatakan belum sempat membuka file foto yang sudah diserahkan oleh pihak pasangan calon.

“Namun kami pastikan file foto itu sudah diurus oleh pejabat pengadaan di Sekretariat KPU,” tandasnya.

Intinya, foto pasangan calon mesti tampak jelas dan tidak ada tambahan atribut lain, selain pakaian yang menempel.

Nantinya, foto pasangan calon akan ditempatkan pada bingkai di surat suara, dengan latar belakang; merah-putih.

“Background merah-putih, merupakan petunjuk KPU Pusat,” ujarnya.

Sementara untuk percetakannya, KPU Rembang menggandeng PT Pura Persada Kudus sebagai rekanan.

“Soal jumlah surat suara yang akan dicetak, kami menunggu rekapitulasi jumlah pemilih tambahan (DPTb1),” tegasnya.

Komisioner Divisi Pemutakhiran dan Data Pemilih KPU Rembang Nurul Muasiroh menambahkan, rekapitulasi jumlah pemilih tambahan di level kabupaten, baru akan dilangsungkan pada Selasa 27 Oktober ini.

“Jumlah pemilih tambahan kami perkirakan ratusan orang,” tambahnya.

Kebutuhan surat suara di Pilkada ditentukan sebanyak jumlah DPT, tetapi masih ditambah jumlah pemilih tambahan, dan ditambah 2,5 persen dari DPT.

DPT Pilkada Rembang ditetapkan sebanyak 482.742 orang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan