Aktivitas Pegadaian Rembang Meningkat 25 Persen saat Ramadan

Sabtu, 5 Juli 2014 | 15:13 WIB
Kusworo, Asisten Manajer Pegadaian Cabang Rembang. (Foto:Puji)

Wakil Kepala Cabang Pegadaian Rembang, Kusworo. (Foto:Puji)

REMBANG, MataAirRadio.net – Aktivitas pegadaian pada Ramadan tahun ini meningkat hingga 25 persen dibanding hari biasa di bulan lalu. PT Pegadaian Kantor Cabang Rembang mencatat bahwa dari peningkatan itu sebagian besar merupakan gadai emas.

Wakil Kepala Cabang Pegadaian Kusworo menjelaskan, transaksi gadai per hari Sabtu (5/7) ini masih didominasi emas dengan 80 persen, sisanya adalah kredit usaha non-gadai. Nilai transaksi dari delapan outlet atau unit Pegadaian, naik Rp100 juta per hari, dari Rp400 juta menjadi Rp500 juta.

Menurutnya, nilai transaksi gadai terkerek karena Ramadan tahun ini bertepatan dengan masa menjelang tahun ajaran baru. Sebagian nasabah menggadai perhiasan untuk mencukupi kebutuhan awal masuk sekolah, seperti pembelian seragam baru dan sumbangan pendidikan.

Kusworo menambahkan, tingkat transaksi masih berpotensi meningkat, sehingga pihaknya menyiapkan dana segar. Dia mengungkapkan, dana segar yang disiapkan mencapai satu miliar rupiah, atau bertambah Rp200 juta dari momen yang sama tahun lalu.

Menurut dia, sistem gadai ini berjalan relatif lancar. Karena biasanya, sebelum menginjak masa jatuh tempo, nasabah sudah menebus barang gadainya. Jika pun ada yang menunggak, persentasenya kecil. Kusworo membeber, tingkat kemacetan hanya sekitar 0,53 persen namun lebih banyak dari kredit usaha.

Untuk menggenjot antusiasme nasabah dalam bertransaksi, pihaknya juga masih menjalankan program “kemilau emas”. Program undian berhadiah tersebut berlaku hingga akhir tahun dan satu kuponnya diberikan kepada nasabah dengan transaksi Rp500 ribu dan kelipatannya.

Mengenai jasa pengiriman uang via Pegadaian, Kusworo menyebut jasa ini tidak dilayani untuk sementara waktu. Pasalnya, pihak perseroan sedang akan melakukan renegosiasi dengan rekanan untuk “western union”. Kusworo belum tahu kapan unit jasa tersebut kembali berjalan. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan