Peduli Longsor Banjarnegara, Siswa di Lasem Salat Gaib dan Galang Dana

Senin, 15 Desember 2014 | 14:45 WIB
Aksi penggalangan dana oleh para siswa SD Avicenna Lasem, Senin (15/12/2014) pagi. (Foto:Pujianto)

Aksi penggalangan dana oleh para siswa SD Avicenna Lasem, Senin (15/12/2014) pagi. (Foto:Pujianto)

 

LASEM, mataairradio.com – Sebanyak 159 siswa SD Avicenna Lasem, Senin (15/12/2014) pagi, menggelar salat gaib untuk mendoakan korban longsor di Dusun Jemblung Desa Sampang Kecamatan Karangkobar Kabupaten Banjarnegara. Mereka juga menggalang dana bantuan sukarela dari para siswa.

Salat gaib dan doa dilakukan selama sekitar 20 menit sejak sekitar pukul 08.00 WIB di musala kompleks pesantren, dekat SD Avicenna. Kebetulan para siswa sudah selesai ujian semesteran, sehingga aktivitas sekolah pagi itu hanya diisi kegiatan remidial atau perbaikan bagi siswa yang nilainya jelek.

“Biasanya para siswanya mengikuti salat dluha setiap pagi. Hanya saja, begitu mendengar informasi bencana tanah longsor di Banjarnegara, pihak sekolah langsung tergerak peduli untuk menggelar salat gaib,” ungkap Ahmad Sofi Husnan, salah satu guru yang mengoordinasi kegiatan tersebut.

Sementara itu, dari penggalangan dana, para siswa di tingkat sekolah dasar mengumpulkan donasi hingga Rp1,2 juta. Donasi juga diberikan oleh para siswa di SMK Avicenna, lantaran masih dalam satu yayasan pengelola, sebesar Rp345.000.

“Donasi tersebut tidak akan langsung diserahkan untuk para korban longsor. Sekolah memilih menyalurkannya melalui PMI Rembang untuk diteruskan ke Banjarnegara. Kebetulan juga, baru dari para siswa SD dan SMK Avicenna yang berkirim donasi melalui PMI Rembang,” ujarnya.

Para siswa dan sekolah berharap agar nilai bantuan yang tak seberapa itu bisa membantu meringankan beban keluarga korban bencana tanah longsor yang merenggut 39 nyawa serta masih memendam puluhan orang lainnya dan belum ditemukan.

Pihak PMI Rembang mempersilakan warga yang ingin turut peduli pada korban bencana longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah. PMI Rembang sekadar menerima bantuan dan akan menyalurkannya, juga melalui PMI Banjarnegara.

Korban bencana tanah longsor yang terjadi pada Jumat 12 Desember kemarin, hingga Senin (15/12/2014) masih terus dilakukan upaya evakuasi. Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah di berbagai media menyebut ada sedikitnya 500 warga yang mengungsi akibat bencana tanah longsor di Banjarnegara.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan