Pedagang Eks Pasar Pamotan Minta Harga Sewa Kios Murah

Sabtu, 9 Juni 2018 | 17:45 WIB

Pedagang di eks Pasar Pamotan. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

PAMOTAN, mataairradio.com – Pedagang di eks Pasar Pamotan meminta kepada Pemerintah Kabupaten Rembang agar menerapkan harga murah terhadap sewa kios maupun ruko setelah penataan kawasan itu mulai Juni ini.

Siti Sulastri Ningsih, salah seorang pedagang buah di pasar depan Masjid Pamotan menyatakan setuju atas penataan kawasan tempatnya berjualan dan di eks kantor Kawedanan Pamotan, tetapi tetap harus menguntungkan pedagang.

Ia yang mengaku sudah sekitar 30 tahun berjualan di tempat itu sempat mendengar harga sewa satu kios ukuran 3×5 meter sebesar Rp100.000 per bulan. Sudah termasuk retribusi untuk kebersihan, sehingga relatif terjangkau.

“Ya harapannya terjangkau betul. Jangan mahal-mahal. Karena jadi senang kalau kawasan ini jadi tertata rapi,” katanya.

Kasmitah, pedagang lainnya menyatakan senang atas penataan kawasan bekas pasar dan kantor Kawedanan Pamotan. Sebab, wacana penataan kawasan ini sudah tersiar sejak tahun 2014, namun baru terwujud pada 2018 ini.

Ia berharap, dengan penataan kawasan ini, akan memantik pembeli. Namun, jangan sampai, penataan itu justru berbuntut keluhan masyarakat atas harga jasa sewa kios dan ruko. Apalagi untuk pedagang lama seperti dirinya.

“Senang juga. Jadi bagus kawasannya. Kalau bagus kan pembelinya jadi banyak,” katanya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Proyek Penataan Kawasan Bekas Pasar dan Kantor Kawedanan Pamotan Achmad Widodo mengatakan, setelah ditata nanti, kios dan ruko tidak diperjualbelikan, tetapi dikenai retribusi.

“Retribusi ditentukan per meter. Namun saya tidak hafal besarannya,” katanya.

Ia hanya menyebut, retribusi itu relatif murah. Pengelolaan kawasan ini nanti di bawah kendali Dinas Perindagkop dan UMKM.

Sementara itu, hingga Sabtu (9/6/2018) siang, tampak belum ada material atau alat berat di lokasi bekas pasar dan kantor Kawedanan Pamotan. Padahal, proyek penataan kawasan itu sudah ditentukan pemenang lelangnya.

PT Sari Barokah Konstruksi dari Jepara ditetapkan sebagai penyedia jasa pada pekerjaan tersebut dengan nilai proyek Rp9,829 miliar. Proyek ini memuat tujuh paket pekerjaan, yaitu Blok A, Blok B, Blok C, dan Blok D, serta pagar, gapura, dan kamar mandi sekaligus WC-nya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan