Pecinta Alam Jawa-Bali Susuri Bentang Alam Rembang

Sabtu, 31 Januari 2015 | 18:52 WIB
Salah satu peserta bentang alam rembang adventure. (Foto:Pujianto)

Salah satu peserta bentang alam rembang adventure. (Foto:Pujianto)

LASEM, mataairradio.com – Sekitar 260 orang pecinta alam dari lintas komunitas di wilayah Jawa dan Bali mengikuti penyusuran bentang alam di Rembang yang dimulai Sabtu (31/1/2015) pagi.

Kegiatan ini dikemas dalam tajuk Bentang Alam Rembang Adventure atau BARA 2015.

Mereka yang berasal dari daerah seperti Denpasar, Malang, Surabaya, Rembang, Semarang, Yogyakarta, dan Jakarta ini, akan menyusuri tiga etape atau perhentian dengan total jarak tempuh 28 kilometer.

Peserta diberangkatkan dari Lapangan Tulis Desa Selopuro, Lasem sekitar pukul 09.00 WIB.

Achmad Rif’an, koordinator kegiatan ini menjelaskan, penyusuran bentang alam di Rembang merupakan bagian untuk mengenalkan kabupaten ini.

“Acara ini dikemas dengan lomba lintas alam, dimaksudkan untuk melatih pendidikan karakter, kedisiplinan, kesamaptaan jasmani, dan kesetiakawanan sosial,” terangnya kepada mataairradio.

Dia menyebutkan, etape pertama menyusuri kawasan Selapuro Kecamatan Lasem hingga Criwik Kecamatan Pancur guna mengenalkan aneka ragam flora dan fauna.

“Sedangkan di etape kedua, peserta menyusuri Sendangcoyo hingga Kajar untuk menguji kecepatan dan keandalan fisik,” urainya.

Sementara di etape terakhir, peserta akan menyusuri Kota Tua Lasem termasuk Sungai Babagan atau Jalur Perdagangan Candu, sehingga tembus di Pantai Gedongmulyo serta berakhir dengan aksi pembersihan Pantai Punjulharjo.

“Rute yang akan dilalui oleh para peserta hingga hari Minggu (1/2/2015) ini, pernah dipakai oleh gerilyawan Perang Lasem pada masanya. Di sepanjang jalur ini pula, para pejuang mampu bersatu, meski dalam keberagaman budaya dan etnis,” tandasnya.

Sabtu (31/1/2015) malam, peserta lintas alam berkemah di Lapangan Desa Kajar Kecamatan Lasem untuk mengikuti pemutaran film dokumenter.

Saat pemberangkatan peserta, hadir di antaranya Dandim 0720 Rembang Letkol Inf Wawan Indaryanto dan Kapolsek Lasem Iptu Muhammad Syuhada.

Hadir pula Kabag Humas Johan Nurwicaksono, Plt Kepala Dinas Pendidikan Noor Effendi, dan Kepala Badan Lingkungan Hidup Rembang Purwadi Samsi.

“Kegiatan susur bentang alam seperti ini diharapkan bisa menjadi agenda nasional di masa depan,” pungkas Rif’an.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan