Persediaan di Sulang Tipis, PDAM Jamin Bantuan Air Bersih Lancar

Senin, 18 Agustus 2014 | 17:20 WIB
Pendistribusian bantuan air bersih di Kabupaten Rembang. (Foto:Pujianto)

Pendistribusian bantuan air bersih di Kabupaten Rembang. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – PDAM Rembang menjamin kelancaran bantuan air bersih kepada warga desa yang membutuhkan. Padahal pasokan air pada satu unit di IKK atau Ibu Kota Kecamatan Sulang, hanya akan aman untuk tiga bulan ke depan.

Kepala Bagian Teknik PDAM Rembang Suroso mengatakan, secara keseluruhan, stok air minum untuk warga Rembang masih aman. Dia menjelaskan, ada “idle capacity” atau kapasitas tetap yang belum banyak digunakan, di Embung Grawan dan tandon air baku lainnya di wilayah Ngandang-Sale dan Sarang.

Khusus untuk kerawanan pasokan di Unit IKK Sulang, akan diatasi dengan sistem gilir. Menurut Suroso, perlakuan seperti itu sudah biasa. Namun dia tak memungkiri, pelanggan di wilayah Desa Sulang, Landoh, dan sebagian Bulu, kerap mengeluhkannya. Dia menyebut produksi air di IKK Sulang terbatas

Kepala Seksi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Ahmad “Ayub” Makruf mengatakan, distribusi bantuan air bersih untuk sementara dilakukan setiap hari Senin dan Kamis. Menurutnya, baru tiga desa yang mengusulkan bantuan air bersih.

Ketiga desa itu adalah Desa Sambiyan dan Sidomulyo Kecamatan Kaliori serta Desa Jukung Kecamatan Bulu. Sementara ini, BPBD mengalokasi dua tangki untuk Desa Sambiyan, empat tangki untuk Desa Sidomulyo, dan tiga tangki untuk Desa Jukung.

Ayub memastikan kebutuhan bantuan air bersih warga akan bisa terlayani, meski musim kemarau akan berlangsung hingga bulan Desember. Apalagi pada APBD Perubahan 2014, dana penanggulangan kekeringan dipangkas tinggal sekitar Rp200 juta.

Sementara itu, sejumlah desa langganan krisis air seperti Landoh dan Pranti Kecamatan Sulang serta Dusun Wuni Desa Kajar Kecamatan Gunem, hingga Senin (18/8) siang, tercatat belum mengajukan bantuan. Ketersediaan embung di beberapa desa dianggap berdampak terhadap persediaan air bersih di suatu wilayah. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan