Pascauji Coba, 33 SMP/MTs Mantap UNBK

Selasa, 21 Maret 2017 | 20:31 WIB

Suasana pelaksanaan uji coba UNBK di SMP Negeri 2 Rembang, Selasa (21/3/2017) pagi. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – 21 SMP dan 12 MTs di Kabupaten Rembang siap menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada Mei mendatang.

Optimisme tersebut antara lain setelah dilakukan uji coba UNBK di tiap sekolah penyelenggara, baik yang menggelarnya secara mandiri ataupun yang bergabung.

Edy Sri Irianto, Wakil Kepala SMP Negeri 1 Rembang mengaku menumpang di SMK Negeri 1 Rembang untuk menggelar UNBK karena fasilitas komputer sekolahnya tidak memadai.

Baginya, hal tersebut tidak masalah, terutama saat uji coba pada Februari dan Maret 2017, mengingat jarak antara sekolahnya dengan sekolah yang ditumpangi, tidak jauh.

“Memang masih ada beberapa kendala yang dihadapi siswa terkait pengoperasian aplikasi untuk mengerjakan soal. Ada beberapa siswa yang mau menjawab soal, justru keliru log out,” bebernya.

Meskipun demikian, dari uji coba tanggal 27-28 Februari dan 20-21 Maret 2017, 282 siswa peserta diyakinya siap mengikuti UNBK yang bakal berlangsung pada 2-8 Mei 2017.

Wakil Kepala SMP Negeri 2 Rembang, Choirotul Nurul Mustaqimah juga mengatakan, sekolahnya siap menggelar UNBK secara mandiri atau tak menumpang di gedung sekolah lain.

“Kami menggelar UNBK secara mandiri. Selama ini, kami tidak ada kendala mulai dari sarana dan prasarana sekolah maupun kendala dari segi siswa,” ujarnya.

Menurut data mataairradio.com, SMP yang menggelar UNBK secara mandiri adalah SMP Negeri 2 Rembang, SMPN 1 Lasem, SMP OV Slamet Riyadi, dan SMP Muhammadiyah Rembang. Adapun 17 SMP lainnya menggelar UNBK dengan menumpang atau bergabung di sekolah lain.

Sementara untuk MTs, yang melaksanakan UNBK secara mandiri adalah MTs Negeri Pamotan, MTs Negeri Sale, MTs Negeri Sulang, MTs Negeri Sumber, MTs Al Anwar Sarang, dan MTs Riyadlotut Thalabah Sedan. Adapun enam MTs lainnya menumpang di sekolah lain.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan