Pasangan Sunarto-Kuntum Terbanyak Belum Penuhi Syarat Calon

Selasa, 4 Agustus 2015 | 18:33 WIB
Jajaran Komisioner KPU Rembang mengumumkan hasil penelitian administrasi syarat calon bupati dan calon wakil bupati di Kantor KPU setempat, Selasa (4/8/2015). (Foto: Pujianto)

Jajaran Komisioner KPU Rembang mengumumkan hasil penelitian administrasi syarat calon bupati dan calon wakil bupati di Kantor KPU setempat, Selasa (4/8/2015). (Foto: Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Pasangan Sunarto-Kuntum Khairu Basa menjadi kandidat yang terbanyak belum memenuhi syarat sebagai calon bupati dan wakil bupati Rembang 2015. Hal itu diungkapkan KPU ketika menyerahkan berita acara hasil penelitian administrasi syarat calon, Selasa (4/8/2015) siang.

Komisioner KPU Rembang Maftuhin yang membacakan hasil penelitian itu menyebutkan, Sunarto antara lain belum menyerahkan salinan ijazah SMA yang telah dilegalisasi, surat keterangan dari pengadilan negeri yang salah satunya menyatakan tidak memiliki tanggungan hutang, dan SKCK dari kepolisian.

Sunarto juga belum menyerahkan tanda bukti penyerahan laporan harta kekayaan pejabat Negara (LHKPN), surat keterangan tidak pailit dari pengadilan niaga, naskah visi dan misi, daftar tim kampanye, rekening khusus dana kampanye, serta surat pemberitahuan pencalonan kepada Sekretariat DPRD.

“Karena Pak Sunarto ini Anggota DPRD, maka juga wajib menyerahkan surat pemberitahuan kepada DPRD terkait pencalonannya. Dan ini belum ada dan belum memenuhi syarat. Tanda terima dari Sekretariat DPRD atas surat pemberitahuan itu belum ada juga dan itu dipersyaratkan,” ujarnya.

Hampir senada dengan Sunarto, Kuntum Khairu Basa pun belum menyerahkan salinan terlegalisasi atas ijazah SMA dan sarjana, lalu surat keterangan dari pengadilan negeri yang salah satunya juga menyatakan tidak sedang dicabut hak pilihnya atau tidak pernah dipenjara.

Menurut hasil penelitian administrasi syarat calon yang dibacakan Maftuhin, Kuntum juga belum menyerahkan surat keterangan tidak pailit dari pengadilan niaga, surat keterangan bebas tanggungan pajak, naskah visi dan misi, serta rekening khusus dana kampanye.

“Kami ingatkan naskah visi dan misi wajib ditandatangani oleh pasangan calon,” tegasnya.

Pada kesempatan penyerahan berita acara hasil penelitian administrasi syarat calon di Kantor KPU Rembang, pasangan Sunarto-Kuntum Khairu Basa tidak hadir secara langsung, tapi diwakili oleh partai pengusungnya. Kekurangan syarat calon wajib dilengkapi maksimal 7 Agustus nanti pukul 16.00 WIB.

Sementara itu, pasangan calon bupati dan wakil bupati Abdul Hafidz-Bayu Andriyanto, relatif lebih sedikit belum memenuhi syarat. Abdul Hafidz belum menyerahkan naskah visi dan misi, bukti LHKPN dari KPK, serta rekening dana kampanye.

Senada dengan Abdul Hafidz, Bayu Andriyanto juga belum menyerahkan bukti LHKPN dari KPK serta naskah visi dan misi. Sementara pasangan Hamzah Fatoni-Ridwan, hampir sama dengan pasangan Hafidz-Bayu dalam hal berkas belum memenuhi syarat.

Hamzah belum menyerahkan salinan ijazah SMA sampai dengan pascasarjana, bukti LHKPN dari KPK, serta rekening khusus dana kampanye. Demikian juga dengan Ridwan, belum menyerahkan bukti LHKPN dari KPK, surat keterangan bebas tanggungan pajak, dan rekening khusus dana kampanye.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan