Partisipasi Pemilih di Rembang Capai 88 Persen

Senin, 29 April 2019 | 13:21 WIB

Rekap tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Kabupaten Rembang. (Foto: mataairradio.com)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Kabupaten Rembang mencapai 88 persen menurut data yang dimiliki KPU setempat. Angka ini didapat dari perbandingan pengguna hak pilih di DPT dan pemilih yang terdaftar di DPT.

Komisioner KPU Rembang Zaenal Arifin menyatakan bahwa capaian ini melebihi target yang dipatok oleh KPU RI yaitu sebesar 77,7 persen. Sehingga secara garis besar Rembang bisa dikatakan sukses untuk tingkat partisipasi masyarakat dalam Pamilu 2019.

Data Partisipasi seluruh Rembang, yang mencapai partisipasi paling tinggi yaitu Kecamatan Kaliori dengan angka 90,1 persen sedangkan yang paling rendah adalah Kecamatan Sale mencapai 82 persen. Aripin mengklaim bahwa capaian ini merupakan partisipasi paling tinggi sepanjang sejarah Pemilu ataupun Pilkada di kota garam ini.

“Walaupun Sale merupakan kecamatan paling rendah angka partisipasinya, namun masih melebihi angka yang dipatok oleh KPU Pusat,” ungkapnya.

Komisioner asal Sulang ini menambahkan bahwa ketidaksertaan pemilih pada Pemilu kemarin rata-rata disebabkan oleh pemilih yang sedang di luar kota baik untuk tugas belajar maupun bekerja. Faktor yang lain adalah pemilih yang sakit sehingga tidak bisa datang ke TPS. Namun secara garis besar pihaknya mengaku puas dengan capaian tersebut.

Beberapa kunci kesuksesan meningkatkan partisipasi adalah sosialisasi terus menerus yang dilakukan oleh penyelenggara baik ditingkat PPK maupun PPS. Selain itu kegiatan-kegiatan menarik lainnya seperti KPU Run, pagelaran seni budaya ketoprak, dan juga konser dangdut. Ditambah lagi KPU mempunyai 55 relawan demokrasi (Relasi) diberbagai segmentasi.

“Namun semua hal tersebut tidak berarti tanpa didukung dengan kesadaran masyarakat yang tinggi untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua PPK Kaliori Karjani mengaku puas dengan capaian 90,1 persen partisipasi di tempatnya. menurutnya itu berkat kerja keras bersama semua pihak.

“Jika ukuran partisipasinya adalah Kaliori, tentu kita saat ini bisa menikmati syukuran dari Bupati, ” pungkasnya sambil mengingatkan janji Bupati akan menyembelih sapi jika partisipasi mencapai 90 persen.

 

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan