Lima Partai Bentuk Poros Tengah untuk Pilkada Rembang

Senin, 13 Oktober 2014 | 18:54 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

 

REMBANG, mataairradio.com – Lima partai yang mendudukkan wakilnya di DPRD Rembang, Senin (13/10/2014) bersepakat membentuk poros tengah untuk kepentingan Pilkada 2015. Namun kesepakatan ini belum diteken oleh masing-masing pimpinan partai politik yang bersangkutan.

Lima partai itu adalah Gerindra, Golkar, PAN, Hanura, dan PKS. Pembentukan poros tengah ini disebut karena adanya persamaan persepsi, visi, dan misi dalam kepentingan pemilihan umum kepala daerah tahun depan.

“Ada persamaan persepsi, visi, dan misi, sehingga kami lima partai sepakat mengikatkan diri dalam poros tengah. Betul. Ini terkait Pilkada 2015. Soal calon yang akan kita usung, masih belum muncul di pertemuan perdana ini,” ujar Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Rembang Puji Santoso.

Menurutnya, dengan membetuk poros tengah, lima partai ini menghimpun 13 kursi di DPRD Rembang. Seperti diketahui, Partai Gerindra memiliki lima kursi, Golkar tiga kursi, Hanura dan PAN masing-masing dua kursi, dan PKS satu kursi.

“Jika asumsi yang kita pakai adalah diterapkannya Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah, dimana calon bupati diusung oleh partai politik dengan ketentuan minimal 20 kursi parlemen atau 25 persen dari suara sah partai yang duduk di DPRD, maka poros tengah ini aman,” tandasnya.

Puji menjelaskan, dengan ketentuan minimal 20 persen dari total kursi parlemen 45, syarat minimal mengusung calon bupati adalah sembilan kursi. “Kami punya 13 kursi, jadi aman,” tegasnya.

Sekretaris DPC Partai Hanura Rembang HM Nur Hasan menambahkan, pembentukan poros tengah menjadi sesuatu yang serius dan strategis. “Memang belum ada jaminan poros tengah ini tetap utuh, namun ini serius dan tak sekadar ‘bargaining’ politik,” imbuhnya.

Dia pun mengaku belum ada pembicaraan mengenai sosok yang muncul atau dimunculkan sebagai kandidat calon bupati dari poros tengah. Menurut dia, belum semua pimpinan partai hadir langsung di pertemuan perdana, kecuali Ketua DPD PAN Rembang Imam Zarkasy.

“Masih ada pertemuan-pertemuan lanjutan setelah yang kali ini di Pondokasri. Yang penting, pertemuan awal ini jelas, untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati di Pilkada 2015,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan