Panwascam Pilkada Bakal “Puasa” Gaji Tiga Bulan

Senin, 1 Juni 2015 | 18:22 WIB
Lambang Panwaslu Kabupaten Rembang.

Lambang Panwaslu Kabupaten Rembang.

 
REMBANG, mataairradio.com – Panwascam Pilkada di Kabupaten Rembang bakal “puasa” gaji selama tiga bulan untuk periode Agustus sampai Oktober mendatang. Hal itu karena kebutuhan anggaran untuk kepengawasan Pilkada dari Pemkab Rembang, masih belum diketahui seberapa dicukupinya.

Ketua Panwas Pilkada Rembang Totok Suparyanto mengaku sudah beraudiensi dengan Bupati tentang kebutuhan anggaran kepengawasan. Menurutnya, Bupati sudah meminta Panwas untuk mengajukan rencana anggaran dan biaya atau RAB.

“Kami juga sudah menemui Pak Sekda soal hal yang sama. Tetapi diminta mengusulkan dulu,” ujarnya kepada mataairradio.

Senin (1/6/2015) ini, Totok berkoordinasi kembali dengan Pemkab Rembang tentang kelanjutan dari pengajuan anggaran. Selain itu, soal “back-up” kantor sekretariat, juga akan ditanyakan.

“Kami mengajukan dana Rp5 miliar lebih, sedangkan sekretariat yang masih menumpang di bekas warung bakso, juga akan kami tanyakan lagi kelanjutan (kapan difasilitasi oleh Pemkab),” tandasnya.

Seperti diketahui, Pemkab Rembang baru mengalokasi anggaran satu miliar rupiah untuk Panwas Pilkada 2015. Itu pun, masih belum ada penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Dengan begitu, kami praktis harus mencari dana talangan, hingga anggaran tersebut turun,” katanya.

Apalagi, Panwascam sudah akan segera terbentuk, karena kini tinggal menyisakan tes wawancara pada 2 dan 3 Juni ini. Soal mencari dana talangan itu, Panwas menyebut tidak masalah, lantaran sudah dianggap sebagai konsekuensi.

“Kami pun akan mewanti-wanti kepada Panwascam yang nanti terpilih agar siap-siap “puasa” gaji tiga bulan, sembari menunggu anggaran,” katanya.

Totok menjelaskan, anggaran satu miliar rupiah, akan cukup digunakan oleh Panwas sampai dengan bulan Juli. Jika pun anggaran itu ditambah lagi via APBD Perubahan, kemungkinan juga baru akan cair pada bulan Oktober.

“Itu artinya, Agustus-Oktober, gaji panwascam akan terutang sementara. Karena menunggu cair. Itu jika tidak ada dana talangan,” jelasnya.

Sementara itu, sebelumnya, Pemkab Rembang telah menandatangani NPHD untuk KPU Rembang.

Pemkab menganggari KPU Rp17,2 miliar. Tetapi sejauh ini baru dikucurkan Rp11 miliar, sedangkan Rp6,2 miliar kekurangannya, akan dipenuhi lewat APBD Perubahan 2015.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan