Akhir April, Pantura Diponegoro-Sudirman Rembang Potensi Macet

Jumat, 11 April 2014 | 17:55 WIB
Papan proyek peningkatan struktur jalan Pantura Kota Rembang mulai April 2014. (Foto:Pujianto)

Papan proyek peningkatan struktur jalan Pantura Kota Rembang mulai April 2014. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Jalur Pantura Kota Rembang mulai bilangan Jalan Diponegoro hingga Jalan Sudirman, berpotensi macet mulai akhir April ini. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V akan membeton jalan di ruas tersebut mulai saat itu. Jumat (11/4) pagi, persiapan pekerjaan sudah rampung.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rembang Suyono mengatakan, pembetonan ruas jalan tersebut adalah bagian dari pekerjaan peningkatan struktur jalan senilai Rp20,3 miliar yang dibiayai APBN untuk Pantura Rembang.

Selain pembetonan ruas jalan tersebut, Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Jawa Tengah juga akan melebarkan Jembatan Paloh di bilangan Pantura Tasikharjo Kecamatan Kaliori dan Jembatan Kesambi di wilayah Pantura Sendangmulyo Kecamatan Sarang.

Pihaknya telah mengantisipasi potensi kemacetan akibat pelaksanaan proyek tersebut. Menurut Suyono, belum akan ada pengalihan arus ke jalur lain misalnya ke poros Dresi Kulon dari arah barat atau ke Jalur Blora dari arah timur.

Suyono menambahkan, ruas jalan di Pantura Lasem tepatnya di kawasan depan SMP Negeri 2 Lasem juga akan dibeton dan ditinggikan 90 centimeter. Ruas jalan tersebut memang berulang kali terendam banjir akibat luapan Kali Patihan-Sendangasri.

Pihak Dinas Perhubungan meyakini, meski berpotensi macet, namun tidak akan sampai parah. Suyono menjelaskan, untuk proyek Jembatan Paloh misalnya, hanya akan dilakukan pelebaran di bagian sisi alias tidak disertai pembongkaran, sehingga masih bisa diakses.

Demikian juga dengan Jembatan Kesambi. Dalam hal pembetonan jalan di ruas-ruas tersebut pun, tidak akan dilakukan secara langsung pada keseluruhan lebar jalan, tetapi bertahap per sisi. Setelah proyek ini nanti, pihaknya berharap pembetonan di jalan sepanjang pantura.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Batas Kota Rembang-Perbatasan Jawa Timur, Danang Tri Wibowo menambahkan, proyek tersebut akan sudah tuntas pada November mendatang. Total anggaran untuk kesemua proyek di Pantura Rembang mencapai Rp35 miliar. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan