Pangkalan Truk Swasta Diminta Bersiap Hadapi Lebaran

Rabu, 1 Juli 2015 | 14:49 WIB
Jalur Pantura Lasem (Foto: Rif)

Jalur Pantura Lasem (Foto: Rif)

 
REMBANG, mataairradio.com – Pangkalan truk yang dikelola oleh swasta di Kabupaten Rembang diminta segera bersiap menghadapi Lebaran. Pasalnya, larangan beroperasi bagi armada angkutan sudah akan diberlakukan mulai H-7 Lebaran atau sembilan hari lagi.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Rembang Suyono mengatakan, pangkalan truk swasta itu termasuk di SPBU yang menyediakan jasa parkiran. Rabu (1/7/2016) ini, pangkalan truk milik Pemerintah yang berada di Desa Sendangasri Kecamatan Lasem sudah disiapkan untuk Lebaran.

“Armada angkutan akan dilarang beroperasi mulai H-7 hingga H+4 Lebaran, keculi angkutan barang yang mengangkut sembako. Pangkalan truk sudah kami siapkan. Baik yang milik pemerintah dan swasta,” terangnya kepada mataairradio.

Di Rembang, pangkalan truk yang dikelola swasta antara lain di wilayah Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang, lalu Dorokandang Kecamatan Lasem, dan di daerah Langkir serta Wuwur Kecamatan Pancur. Setiap kali Lebaran, pangkalan tersebut kerap penuh sesak.

Jika pangkalan tidak dipersiapkan, truk-truk berpotensi parkir di tepi jalan dan mengundang kerawanan kecelakaan bagi pemudik. Suyono mengaku sudah menginspeksi kesiapan seluruh pangkalan truk, termasuk mengecek rambu jalan di jalur alternatif. Beberapa rambu yang rusak sudah mulai dibenahi.

“Yang perlu diketahui, jalan pantura sudah lebar. Kemungkinan tidak ada macet. Tetapi meski begitu, kami tetap menyiapkan jalur alternatif. Rambu sudah kita benahi,” katanya.

Berdasarkan pantauan, sejumlah SPBU dan pangkalan truk yang dikelola swasta, tidak banyak persiapan menghadapi Lebaran. Mereka hanya menyiapkan papan penunjuk tentang informasi menampung parkiran inap.

Pengelola pangkalan truk selain yang di SPBU pun, tak tampak melakukan pengerasan landasan karena kemarau sudah membuat permukaan tanah menjadi keras. Berbeda dengan tahun lalu, yang lahannya cenderung becek karena masih turun hujan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan