Pamerkan Objek Wisata, Pemkab Rembang Buat “Enjoy Rembang”

Selasa, 19 Februari 2019 | 17:40 WIB

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang Dwi Purwanto, saat berbincang dengan reporter mataairradio.com, pada Selasa (19/2/2019) siang. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang meluncurkan aplikasi berbasis android bernama “Enjoy Rembang”, sebagai upaya untuk mempromosikan objek-objek wisata di kabupaten ini.

Aplikasi tersebut sudah secara resmi duluncurkan oleh Bupati Rembang Abdul Khafidz pada oktober 2018 lalu.

Dwi Purwanto selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) setempat menjelaskan, aplikasi ini dibuat untuk percepatan promosi wisata yang kemudian juga dapat diintegrasikan dengan berbagai event di Rembang.

“Di dalamnya terdapat konten berbagai destinasi wisata di kota Rembang dan penginapan dilengkapi juga dengan harga,” terangnya.

Potensi besar yang dimiliki kabupaten Rembang saat ini adalah sektor pariwisata bahari yang mana pada tahun 2017 kemarin, Objek Pantai Karangjahe menempati peringkat 7 pengunjung terbanyak di Provinsi Jawa Tengah.

Melihat capaian tersebut, pihaknya akan memberi perhatian khusus terhadap pengoptimalan objek wisata bahari di tempat lain selain Pantai Karangjahe.

“Pantai Pasir Putih Wates juga sudah dimulai untuk pembangunan gapura sebagai penarik wisatawan, juga Pantai Kartini dengan penambahan wahana-wahana di dalamnya,” imbuhnya.

Dwi berharap, Aplikasi Enjoy Rembang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di kawasan pariwisata di daerah Rembang, sehingga muncul lapangan pekerjaan baru.

Ia menambahkan, promosi pariwisata tidak hanya dilakukan melalui Aplikasi Enjoy Rembang, Dinbudpar juga menggandeng kabupaten tetangga untuk turut serta dalam pendatanganan kerjasama mempromosikan destinasi wisata di masing-masing kabupaten.

“Kami juga menggandeng beberapa wilayah di luar Kabupaten Rembang, salah satunya Wilayah Pakujembara yang meliputi Pati, Kudus, Jepara, Rembang dan Demak, serta Wilayah Ratubanegoro yang meliputi Rembang, Tuban, Bojonegoro dan Blora,” pungkasnya.

Sementara itu, masyarakat Rembang diminta untuk turut serta berpartisipasi dan bekerja sama dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh Dinbudpar.

Khususnya “Gema Kartini”, yang dalam April mendatang akan diadakan rangkaian acara selama satu bulan penuh untuk memperingati kelahiran Pahlawan Nasional Raden Ayu Kartini.

 

 

Penulis : Chintami Budi Pertiwi
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan