Jidan Sang Pemborong Pimpin Paguyuban Kades

Rabu, 7 Mei 2014 | 17:15 WIB
Suasana pemilihan ketua paguyuban kades se-Kabupaten Rembang yang berlangsung di Aula Hotel Puri Rembang, Selasa (6/5).

Suasana pemilihan ketua paguyuban kades se-Kabupaten Rembang yang berlangsung di Aula Hotel Puri Rembang, Selasa (6/5).

SEDAN, MataAirRadio.net – Kepala Desa Menoro Kecamatan Sedan Jidan Gunorejo terpilih memimpin paguyuban kades se-Kabupaten Rembang dalam wadah Guru Pandawa. Dia mengalahkan calon lain yakni Rukhani Kades Kabongan Kidul Rembang, Purwanto Kades Sumberjo Pamotan, dan Ponco Supriyadi Kades Tambakagung Kaliori.

Jidan yang dikenal sebagai pemborong sejumlah proyek di Kalimantan dan Jawa Timur ini, akan memimpin paguyuban untuk enam tahun ke depan. Setelah pemilihan yang berlangsung di Aula Hotel Puri Rembang, Selasa (6/5), Jidan mengaku akan segera melengkapi kebutuhan di organisasinya.

Kepada MataAir Radio, Jidan juga mengaku akan lebih memberikan banyak waktu untuk paguyuban. Apalagi, saat ini usaha untuk mengawal Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa belum tuntas, karena Peraturan Pemerintah dan Peraturan Daerahnya belum ada.

Jidan menegaskan, persoalan mendasar dari setiap kecamatan akan dijadikan sebagai topik perbincangan. Menurut rencana, Sabtu (10/5) nanti, pihaknya akan menggelar pertemuan membahas topik penting dengan perwakilan pengurus paguyuban tingkat kecamatan yang telah lebih dahulu terbentuk.

Baginya, paguyuban kades tidak sebagai sarana untuk menaikkan daya tawar atau “bargaining”. Paguyuban merupakan ajang bagi kades untuk berbagi persoalan dan solusi, yang mungkin bisa diperoleh dari desa atau daerah lain.

Jidan menyebut Pemerintah Desa sebagai bagian dari Pemerintah Kabupaten. Tidak ada alasan bagi Pemerintah Desa untuk menolak atau melawan amanat Pemerintah Pusat, selagi telah sesuai dengan mekanisme perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Rembang mengingatkan kades yang memiliki pekerjaan sambilan, agar tak sering meninggalkan desa. Bagaimana pun kepala desa mesti memprioritaskan pelayanan terhadap warganya.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang Akhsanudin mengatakan, jika kades meninggalkan tugas dalam waktu lama, maka yang bersangkutan diminta memberikan informasi ke Pemerintah Kecamatan. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



3 comments
  1. irawan

    Mei 8, 2014 at 7:59 am

    Selamat pak Inggi Jidan yang telah terplih menjadi ketua Paguyuban semoga Rembang semakin maju dan pelayanan kepada masyarakat, terutama masyarakat pedesaan semakin baik.

    Reply
    • lalita

      Mei 16, 2014 at 9:01 am

      Salam sejahtera kepdes jidan. Semoga semuanya berjalan dengan lancar sesuai yang diinginkan. Selamat dan sukses selalu.

      Reply
  2. cholik

    Agustus 4, 2016 at 7:48 pm

    Maju truz mbah jidah,sukses slalu

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan