Ngalap Barokah, Ribuan Warga Hadiri Haul Sunan Langgar

Jumat, 26 Juli 2019 | 17:21 WIB

Suasana haul di pemakaman Syech Abdul Jalil atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Langgar di Desa Langgar Kecamatan Sluke pada Jumat (26/7/2019) siang. (Foto: mataairradio.com)

SLUKE, mataairradio.com – Ribuan warga di wilayah Sluke dan sekitarnya berkumpul di area pemakaman Syech Abdul Jalil atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Langgar di Desa Langgar Kecamatan Sluke pada Jumat (26/7/2019) siang. Kehadiran warga dalam rangka haul Sunan Langgar yang jatuh setiap Jum’at pahing pada bulan Dzul Qo’dah.

Ketua Panitia Purnomo menyatakan serangkaian kegiatan digelar seperti Pembacaan solawat nabi, khotmil Quran, hingga pengajian. Dalam kegiatan tersebut tidak hanya dihadiri oleh warga sekitar namun juga dari daerah lain. Pasalnya Sunan Langgar dianggap salah satu tokoh yang menyebarkan ajaran Islam di wilayah tersebut. Bahkan kabarnya beliau adalah salah satu dari wali songo angkatan pertama.

Dalam puncak acara pengajian, pihak panitia menyiapkan 13 ribu nasi (berkat) yang di bagikan kepada pengunjung dan peziarah. Dalam waktu dua jam nasi tersebut habis dibagikan.

“Masyarakat ke sini selain acara haul juga banyak yang “Ngalap barokah Mas,” ungkapnya.

Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat Eko Purwanto menyebutkan jika tahun ini kunjungan masyarakat ke Sunan Langgar meningkat drastis. Pihak Pemerintah Desa (Pemdes) sudah mengantisipasi hal tersebut dengan memperluas area parkir, jalan desa di perbaiki serta beberapa waktu lalu jalur masuk desa sampai area pemakaan di tanami glodok pecut agar lebih menarik.

Dirinya berharap dengan memperbaiki infrastruktur ke area makam bisa membuat nyaman pengunjung yang akan berziarah ke makam Sunan Langgar.

“Ya alhamdulillah lancar Mas acaranya, walaupun lumayan macet,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir Bupati dan sejumlah pejabat jajarannya. Dalam sambutannya Bupati Abdul Hafidz menyampaikan akan memberikan bantuan untuk pengelolaan area makam Sunan Langgar, dalam kesempatan itu pula Bupati menyampaikan jika kondisi kemarau seperti akhir-akhir ini pihak Pemkab akan memberi bantuan droping air bersih kepada masyarakat.

Penulis: Mohamad siroju Munir
Editor: Mohamad siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan