New Ganepa Kembali Sabet Juara Festival Thong-thong Lek

Kamis, 14 Juni 2018 | 15:37 WIB

Penampilan salah satu peserta Festival Thong-thong Lek Rembang 2018 di halaman Stadion Krida Rembang, Rabu (14/6/2018) malam. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Kelompok musik penggugah sahur New Ganepa berasal dari Kelurahan Gegunung Kulon Kecamatan Rembang kembali menyabet gelar juara pertama pada Festival Thong-thong Lek pada tahun 2018.

Juara kedua direbut Gondorase Banyudono, diikuti Al Buser dari Grajen Sumberjo di tempat ketiga. Harapan pertama dan kedua diraih New Gankfrat dan Al Densa dari Waru, sedangkan harapan ketiga disabet Guwe Gegunung Wetan.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang Puji Purwati menyebutkan nominal hadiah sebesar Rp5juta bagi juara pertama, Rp4juta untuk juara kedua, dan Rp3juta untuk juara ketiga.

Sementara bagi juara harapan pertama, kedua, dan ketiga, panitia memberikan hadiah uang masing-masing dua juta rupiah.

“Selain itu, masih ada tambahan bingkisan dari panitia sejumlah Rp23juta yang dibagi untuk 26 peserta,” katanya.

Sementara itu, final festival thong-thong lek 2018 yang digelar di Halaman Stadion Krida Rembang sejak Rabu (13/6/2018) malam hingga Kamis (14/6/2018) dini hari, disaksikan secara antusias oleh warga.

“Alhamdulillah, acara pun berjalan lancar,” terangnya.

Soal kemungkinan mengakomodasi keikutsertaan peserta dari kabupaten lain pada festival thong-thong lek tahun depan, Puji menyatakan akan terlebih dahulu membahasnya dalam acara dialog atau sarasehan budaya, sekaligus evaluasi.

“(Kemungkinan peserta dari kabupaten lain) Nanti kita bahas di acara dialog atau sarasehan budaya begitu. Biar ada saran-saran yang lebih utuh,” tandasnya.

Secara jumlah peserta, tahun ini lebih semarak dengan 26 peserta, sedangkan tahun lalu hanya 18 peserta. Puji menambahkan, thong-thong lek merupakan warisan tradisi dan budaya yang perlu dilestarikan antara lain dengan festival.

 

Penulis: Mohamad siroju Munir
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan