Naskah UN Selesai Dicetak, Mendikbud Jamin Tak Bocor

Jumat, 28 Maret 2014 | 17:36 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh saat wawancara dengan awak media di depan aula Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jumat (28/3) siang. (Foto: Pujianto)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh saat wawancara dengan awak media di depan aula Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jumat (28/3) siang. (Foto: Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh menyatakan, persiapan teknis Ujian Nasional (UN) 2014 kaitannya dengan pencetakan naskah soal dan lembar jawab sudah kelar. Dia juga menyatakan, penyelesaian itu lebih cepat dari target.

Ditemui di sela kunjungannya ke kediaman KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus, Jumat (28/3) siang, Mendikbud menyebutkan, perpindahan naskah soal dan lembar jawab UN dari percetakan ke tingkat provinsi di Indonesia, akan dilakukan mulai 30 Maret hingga 1 April 2014. Selanjutnya, perpindahan akan diteruskan ke tingkat kabupaten kota.

Mengantisipasi kerawanan seperti kebocoran naskah soal, Nuh memastikan telah mengantisipasi. Pihaknya mengawalkan tiga elemen mulai dari penyiapan naskah, pencetakan, hingga pengepakan. Tiga elemen itu adalah perguruan tinggi, pihak kementerian dan dinas pendidikan, serta kepolisian.

Disinggung lebih jauh tentang antisipasi kebocoran di tingkat penyimpanan pada level provinsi dan kabupaten/kota, Mendikbud menegaskan, pihaknya sudah berpengalaman menyelenggarakan UN. Menurutnya sudah ada standar operasional prosedur atau SOP terkait itu.

Secara khusus, Menteri yang mantan Rektor ITS Surabaya ini menambahkan, Ujian Nasional 2014 dipersiapkan secara lebih baik. Dia mengungkapkan, material lembar jawab UN diperbaiki dari kertas berukuran 80 gram menjadi 100 gram. Keluhan mengenai lembar jawab mudah bolong setelah digosok saat menghapus, diyakini akan minimal dan lebih rapi.

Selain itu, kualitas soal pada naskah Ujian Nasional tahun ini, disebut Nuh lebih baik. Soal penanganan dan tanggung jawab pelaksanaan ujian nasional juga dilakukan sebagaimana tahun lalu, yang melibatkan peran perguruan tinggi terpercaya. Intinya, UN yang paling dekat atau untuk tingkat SMA/MA/SMK, siap digelar pada 14-16 April 2014.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh datang berkunjung untuk bersilaturahmi dengan KH Ahmad Mustofa Bisri di kediaman, komplek Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang. Nuh yang mengenakan kemeja batik warna cokelat, tiba sekitar jam tiga sore, dengan menumpang mobil Toyota Alphard warna hitam bernomor polisi RI 31.

M Nuh bermaksud mengundang hadir Gus Mus pada tasyakuran pernikahan putrinya. Setelah 20 menit berbincang dengan Gus Mus, M Nuh menyempatkan diri menemui sejumlah guru yang telah menantinya untuk menyampaikan beberapa isu pendidikan di Rembang. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan