Museum Kartini Segera Dilengkapi Permainan Edukatif

Senin, 21 April 2014 | 16:48 WIB
Baliho Mueum Kartini Rembang. Foto:Rif)

Baliho Museum Kartini Rembang yang lusuh sehingga kurang menarik perhatian, Senin (21/4).(Foto:Rif)

REMBANG, MataAirRadio.net – Museum Kartini Rembang segera dilengkapi arena permainan edukatif. Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga atau Dinbudparpora tahun ini mendapat kucuran anggaran Rp757 juta untuk pembangunan dan pengembangan daya tarik museum.

Kepala Dinbudparpora Kabupaten Rembang Sunarto menjelaskan, penambahan arena permainan edukatif ditempuh karena sebagian besar pengunjung Museum Kartini adalah anak-anak. Nantinya, arena ini akan ditempatkan di sisi depan timur pendapa.

Selain dana dari Pemkab untuk pengembangan daya tarik museum, tahun ini Pemrov Jawa Tengah pun mengalokasi anggaran Rp400 juta untuk pengembangan museum berupa penyempurnaan diorama, perbaikan genting, dan revitalisasi gamelan.

Sementara itu, Siti Nuryati, salah seorang pemandu wisata di Museum Kartini mengatakan, tingkat kunjungan ke objek wisata andalan ini terbilang ramai. Pada 21 April ini saja, belum sampai sehari atau hingga jam 12 siang, sudah ada 566 wisatawan yang berkunjung.

Menurutnya, wisatawan yang berkunjung ke museum, tepat di hari ulang tahun kelahiran Kartini ini kebanyakan merupakan warga lokal Rembang dan sekitarnya, seperti Pati dan Blora.

Jika ditotal, sudah hampir 2.000 wisatawan yang berkunjung ke museum, hanya dalam bulan April ini. Peningkatan ini terjadi setelah ada revitalisasi museum, tiga tahun silam. Soal tiket masuk, belum ada perubahan masih Rp2.000 per orang, namun ada potongan untuk anak.

Mengenai adab berkunjung ke Museum Kartini, Siti Nuryati menambahkan, pengunjung dilarang merusak benda koleksi museum, termasuk duduk di kursi peninggalan. Bagi yang laki-laki, juga dilarang merokok.

Sebagian pengunjung terpantau memanfaatkan ruang diorama dan kamar pengabdian Kartini untuk mengabadikan diri alias berfoto bersama keluarga atau pengunjung yang lain. Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara pada 21 April 1879. Beliau wafat di Rembang, 17 September 1904. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan