Mulai 1 Desember, Lalu Lintas Angkutan Tambang Dihitung

Kamis, 30 November 2017 | 16:10 WIB

Truk tambang dilarang melintasi Jalur Pantura, sebagai jalur mudik, mulai 19 Juni 2017. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Lalu lintas angkutan tambang dari tiap-tiap usaha pertambangan di Kabupaten Rembang akan mulai dihitung secara lebih ketat di lapangan per 1 Desember 2017.

Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Rembang (DPPKAD) secara khusus menempatkan enam orang personel untuk upaya tersebut.

Tujuannya adalah agar data produksi di setiap usaha pertambangan terukur secara mendekati kebenaran, sekaligus penyeimbang atau dasar melakukan penetapan pajak tambang bagi tiap pengusaha.

“Petugas kita mendata truk itu dari tambang mana. Mereka bukan petugas retribusi melainkan petugas pajak,” kata Kepala Bidang Pendapatan pada BPPKAD Kabupaten Rembang, Romli.

Menurutnya, cara semacam itu merupakan terobosan baru setelah wacana jembatan timbang tambang sulit diterapkan karena banyaknya usaha pertambangan yang tersebar dan berskala kecil.

“Jadi kita buat asumsi per truk itu 10 ton. Kita sudah uji itu. Nanti begitu ada truk keluar dari mulut jalur tambang, kita catat. Itu dasar untuk membuat surat pemberitahuan pajak,” kata Romli.

Dengan upaya tersebut, pihaknya optimistis target pendapatan dari sektor pertambangan, akan bisa meningkat. Petugasnya juga sudah diminta cermat dalam mencatat lalu lalang truk tambang.

“Target pendapatan dari sektor tambang yang tahun 2017 ini ditentukan Rp12 miliar, kita canangkan bisa naik hingga Rp50 miliar lebih. Apalagi pabrik Semen Gresik di Rembang operasi,” paparnya.

Hingga akhir November ini, menurutnya, capaian pendapatan dari sektor tambang di tahun 2017 sudah tembus 88 persen atau sekitar Rp10,3 miliar. Target Rp12 miliar, diyakininya dapat dicapai.

“Kalau target pendapatan daerah secara keseluruhan pada tahun 2017, dari target Rp52 miliar lebih, sampai saat sekarang sudah tercapai Rp51 miliar lebih. Sampai akhir tahun tercapai lah,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan