Modus Penipuan Mengatasnamakan Wartawan Sasar Pejabat di Rembang

Kamis, 20 September 2018 | 20:03 WIB

Pesan Singkat atau SMS yang diterima salah satu pegawai negeri pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kabupaten Rembang, Intan Primasari. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Sejumlah kalangan pejabat di Kabupaten Rembang diresahkan dengan adanya modus penipuan yang mengatasnamakan wartawan melalui pesan singkat (SMS).

Beberapa pejabat di Rembang menjadi sasaran kiriman sms tersebut mulai dari kepala dinas hingga jajaran di bawahnya.

Isi pesan pendek tersebut yaitu meminta bantuan dengan dalih ada salah satu wartawan yang bernama Ary Siswanto sedang menjalani operasi jantung di RS Muwardi Solo dan mengatasnamakan Wisnu Radar Jawa Pos Pers.

Nomor yang digunakan untuk mengirim pesan singkat sama yaitu 0852315950871 dan nomor rekening yang tertera di pesan singkat juga sama yaitu 0901391903 keluaran Bank BCA atas nama Ary Siswanto.

Wisnu Aji, wartawan Radar Kudus yang namanya dicatut dalam modus penipuan itu mengungkapkan, bahwa modus penipuan tersebut sudah lama dan dengan menggunakan nomor yang sama.

Ia pun merasa resah namanya dicatut dan digunakan untuk meminta sejumlah uang kepada beberapa kalangan pejabat di Rembang.

Pihak Radar Kudus sampai saat ini masih melacak nomor tersebut, namun belum terungkap. Pelacakan terakhir dilakukan bersama dengan Polres Jepara. Diketahui, lokasinya berada di Jawa Timur, namun saat didekati nomor tersebut justru hilang.

“Kepada siapapun, jika ada nomor tersebut menghubungi dan meminta sejumlah uang agar diabaikan saja atau konfirmasi ke kantor Jawa Pos Radar Kudus,” imbaunya, Kamis (20/9/2018) pagi.

Menurutnya, beberapa waktu yang lalu kejadian serupa juga pernah terjadi di Kabupaten Pati, Jepara, dan Semarang dengan modus yang sama dan mengatasnamankan wartawan.

“Wartawan resmi Jawa Pos tidak akan melakukan hal-hal tersebut karena terikat dengan kode etik jurnalistik,” terangnya.

Salah satu warga yang merupakan pegawai negeri pada Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Susi Hariyanti mengungkapkan, beberapa teman kerjanya menerima pesan singkat (SMS) dari seseorang yang mengaku Wisnu Aji, Wartawan Radar Kudus Jawa Pos.

Isi SMS tersebut, meminta sumbangan untuk Ary Siswanto, seorang wartawan yang sedang menjalani operasi di Rumah Sakit Muwardi Solo.

“Kebanyakan yang menerima sms itu teman-temanl dari Dinperkim (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman). Iya ngakunya Wisnu, dari Radar Jawa Pos Pers,” ungkapnya.

 

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan