Miring, Jetty Pantai Karangjahe Bahayakan Wisatawan

Selasa, 31 Januari 2017 | 17:16 WIB

Jetty atau dermaga yang menjorok ke laut atau pier di kawasan objek wisata Pantai Karangjahe tampak miring ke timur, tetapi pihak pengelola belum memberikan semacam imbauan atau peringatan agar pengunjung tidak melintasi atau berhati-hati di jetty tersebut, Selasa (31/1/2017). (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Jetty atau dermaga yang menjorok ke laut di objek wisata Pantai Karangjahe di Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang tampak miring ke timur, sehingga membahayakan wisatawan yang menggunakannya.

Jetty atau pier merupakan sarana bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata pesiar ke pulau-pulau kecil sekitar pantai dengan menggunakan perahu kecil nelayan setempat. Jetty itu mulai dipakai pada 15 Maret 2016, sehingga belum satu tahun.

Jembatan yang dibangun dengan penyangga beton dan beralaskan papan kayu sepanjang kurang lebih 70-80 meter merupakan bantuan dari Badan Lingkungan Hidup (sekarang Dinas Lingkungan Hidup, red.) Kabupaten Rembang.

Yohan Ardiansyah, pengunjung yang mengaku berasal dari Semarang mengaku tak menyadari posisi jetty di objek wisata ini miring. Tapi setelah diamatinya, ternyata benar miring ke timur, sehingga berpotensi runtuh, apalagi jika ombak terus besar.

“Benar, posisinya miring ke timur. Enggak saya perhatikan, jadi baru tahu ini tadi. Iya tadi sempat foto-foto di atas situ (jetty, red.) karena dari pihak pengelola tidak ada imbauan larangan kan,” katanya.

Seorang pengunjung lain asal Rembang, Abdul Muid membenarkan posisi jetty dalam kondisi miring ke timur dan berpotensi membahayakan pengunjung jika sewaktu-waktu roboh.

Ia menyayangkan pihak pengelola yang belum memberi imbauan kepada pengunjung agar tak melintasi jetty atau setidaknya rambu peringatan. Imbauan atau rambu peringatan penting dipasang guna mengantisipasi hal buruk terjadi.

“Itu (jetty miring, red.) bahaya sekali. Kalo sampai roboh dan ada pengunjung di sekitar sana, bisa membawa korban itu. Apalagi saat ini kan sering terjadi angin kencang, kondisi ombak juga cenderung besar,” tandasnya.

Hingga Selasa (31/1/2017) belum ada keterangan resmi yang diberikan pihak pengelola objek wisata Pantai Karangjahe. Salah satu pengelola Pantai Karangjahe Ali Mustofa menyatakan tidak mau berkomentar atas kondisi jetty yang miring.

“Masalah jetty, aku nggak komentar ya,” ujarnya tanpa mengungkap alasan tak mau memberikan komentar tentang jetty yang miring ini kepada awak media.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan