Minimalisir Pengangguran, BLK Buka Pelatihan Gratis

Selasa, 8 Januari 2019 | 12:01 WIB

Kepala Balai Latihan Kerja (UPT BLK) pada DPMPTSP Naker Kabupaten Rembang, Hari Sugeng. (Foto: mataairradio.com)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Daerah melalui Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK) pada DPMPTSP Naker Kabupaten Rembang membuka pelatihan gratis untuk masyarakat Rembang dalam rangka meminimalisir penganguran.

Kepala UPT BLK Hari Sugeng saat dihubingi reporter mataairradio.com menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan program dari pemerintah pusat dan dalam satu tahun kedepan ada 30 paket pelatihan yang terbagi menjadi empat tahap.

Dalam program ini ada sembilan keterampilan yang diajarkann diantaranya pelatihan tata boga, otomotif, tata rias, membatik, elektronika, teknik pendingin, komputer, menjahit, dan keterampilan mengelas.

Pelatihan dimulai pada 28 Januari 2019 mendatang sampai selesai tergantung jurusan yang di pilih ada yang 20 hari sampai 30 hari atau rata-rata sekitar satu bulan pelatihan.

Sugeng mengimbau jika ada masyarakat yang berminat silahkan datang ke tempatnya untuk mendaftarkan diri, karena pendaftaran ditutup sampai tanggal 22 Januari 2019 dan dilanjutkan tahap seleksi tanggal 23 Januari 2019.

Untuk pengumuman hasil seleksi tanggal 24 Januari 2019 dan sehari kemudian dilanjutkan daftar ulang. Persyaratannya juga cukup mudah yaitu calon peserta datang mendaftar dan membawa identitas diri.

“Monggo kami persilahkan warga untuk daftar, jangan sia-siakan kesempatan ini,” ungkapnya.

Sugeng menambahkan bahwa dalam tahun 2019 ini target peserta ada 480 siswa dengan asumsi masing-masing jurusan ada 16 siswa yang dilatih. karena menurut ketentuan dalam satu kelas efektif hanya di isi sekitar 16 siswa.

Dirinya mengharapkan agar peserta sepenuhnya dari Rembang, namun tidak menutup kemungkinan jika ada peserta dari Kabupaten lain selama anggaran dari APBN itu diperbolehkan. Namun jika anggaran APBD peserta wajib berasil dari Rembang.

Dalam pelatihan nanti, pihaknya akan membekali para siswa dengan berbagai keterampilan namun dia berharap calon peserta benar-benar komitmen untuk mengikuti pelatihan dan masuk setiap hari sesuai jadwal.

“Ya harus komitmen Mas, masuk sesuai jadwal karena kita melatih siswa yang benar-benar serius,” tegasnya.

Disinggung rencana tindak lanjut pasca pelatihan, Sugeng menyatakan bahwa yang mencarikan lowongan atau pekerjaan bukan dari pihaknya namun bagian tenaga kerja, karena BLK fokus pada pelatihan keterampilan.

Ia juga menolak menyatakan tidak ada penyertaan modal bagi para siswa pasca pelatihan karena memang tidak ada anggaran untuk hal tersebut.

 

 

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan