Minat Kuliah Lulusan SMA Sederajat Rembang Meningkat

Wednesday, 27 January 2016 | 19:06 WIB
Para calon lulusan SMA sederajat di Rembang berjejal di arena pameran pendidikan di Balai Kartini Rembang, Rabu (27/1/2016) pagi. (Foto: Pujianto)

Para calon lulusan SMA sederajat di Rembang berjejal di arena pameran pendidikan di Balai Kartini Rembang, Rabu (27/1/2016) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Minat kuliah dari lulusan SMA sederajat di Kabupaten Rembang diklaim selalu meningkat tiap tahunnya.

Tetapi pihak Dinas Pendidikan tidak memiliki data pasti soal angka mereka yang melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Rembang Noor Effendi menyebutkan, persentase lulusan SMA sederajat yang kemudian kuliah kira-kira 25 persen.

Angka itu disebutnya selalu meningkat setiap tahunnya, terutama dari sekolah yang mempersiapkan siswanya ke perguruan tinggi.

“Yang kuliah makin tahun makin banyak. Ada (sekitar 25 persen), terutama dari sekolah yang mempersiapkan siswanya untuk kuliah,” tegasnya.

Nurcahyo Adi Prasetyo, ketua panitia penyelenggara pameran pendidikan di Balai Kartini Rembang, Rabu (27/1/2016) pagi juga menyebutkan, angka lulusan yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi meningkat.

“Soal persentase, tidak ada laporan, tetapi grafik mereka yang kuliah selalu naik. Itu disampaikan oleh pihak kampus sendiri,” katanya.

Menurutnya, bukti peningkatan angka lulusan SMA sederajat yang meneruskan pendidikan di bangku kuliah, dapat dilihat dari pameran kali ini. Ada 46 kampus dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

“Jumlah itu setelah kami menolak beberapa kampus karena terbatasnya kapasitas. Ada yang daftar langsung di lokasi, juga kami tolak. Kami ingin peserta pameran lebih nyaman,” tandasnya.

MA Primaningrum, dosen bimbingan konseling dari Universitas PGRI Semarang menyebut pameran pendidikan di Rembang penting untuk diikuti, sebagai upaya jemput bola guna menarik minat mahasiswa.

“Sudah 4 kali ini Universitas PGRI Semarang mengikuti pameran pendidikan di sini, tapi saya baru kali ini mendampingi,” terangnya.

Rembang menurut Primaningrum menyediakan pasar yang masih terbuka untuk meraih mahasiswa. Apalagi antusiasme lulusan yang ingin lanjut di bangku kuliah disebutnya cukup baik.

“Pameran semacam ini penting, untuk menunjukkan keunggulan kampus kami yang sudah punya 25 program studi dan telah bekerjasama dengan banyak kampus di Malaysia, Singapura, dan Thailand,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan