Menteri Agama dan Ketum PPP Halalbihalal kepada Gus Mus

Selasa, 26 Juni 2018 | 17:48 WIB

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dan Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy bersilaturahmi untuk halalbihalal di kediaman Kiai Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus), komplek Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang, Selasa (26/6/2018) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dan Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy bersilaturahmi untuk halalbihalal di kediaman Kiai Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus), komplek Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh Rembang, Selasa (26/6/2018) pagi.

Keduanya datang berombongan, termasuk tampak Ketua Fraksi PPP di MPR Arwani Thomafi, Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah Masrukhan Samsuri, dan Bupati Rembang Abdul Hafidz. Mereka tiba kira-kira pukul 09.30 WIB dan ditemui Gus Mus pada sesaat kemudian.

Ditemui seusai silaturahmi, Menteri Agama mengatakan tujuan sowan Gus Mus semata silaturahmi dalam rangka Idul Fitri dan meminta tausiah. Menurutnya, banyak hal positif dari Gus Mus, terutama soal tradisi saling memaafkan yang membuat kelapangan jiwa, hati, dan pikiran.

“Silaturahmi ke Gus Mus dalam rangka Syawalan. Idul Fitri. Kita selain silaturahmi, mohon maaf, juga ingin mendapat tausiah. Beliau banyak memberikan hal positif. Kita sebagai manusia tidak hanya berkewajiban untuk memaafkan kepada orang lain, tapi jauh lebih penting adalah memohon maaf kepada sesama,” katanya.

“Yang menarik adalah ketika kita memberikan maaf, maka kita memiliki kelapangan dada, jiwa. Hal yang mengganjal hati dan perasaan, dengan memaafkan orang lain, akan menjadi lebur, sirna. Sepertinya sederhana tapi itu cara mujarab dalam menjalani kehidupan yang belakangan ini semakin keras,” sambungnya.

Sementara Romahurmuziy alias Romy yang ditemui seusai kesempatan yang sama juga menyatakan sowan kepada pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin itu untuk bersilaturahmi serta halalbihalal. Menurutnya, Gus Mus adalah sesepuh dan ulama yang selalu didengar tausiahnya.

Ia mengaku mengikuti tausiah sang kiai baik secara langsung maupun lewat media sosial seperti facebook dan twitter. Baginya, Gus Mus sering mengingatkan para pemimpin Indonesia untuk senantiasa menjaga kemajemukan karena perbedaan adalah sebuah keniscayaan.

“Kita mendapat banyak tausiah dan ijazah dari Gus Mus. Tidak ada agenda politik dari silaturahmi ini. Sebab politik (bagi) Gus Mus itu, politik luhur. Berpolitik itu untuk tujuan apa pun, harus tetap menjaga persaudaraan dan persahabatan,” tandasnya.

Selain kepada Gus Mus, Romy bersilaturahmi juga untuk halalbihalal dengan Kiai Maimoen Zubair yang merupakan Ketua Majelis Syariah PPP. Sebelumnya, Romy dan rombongan sempat mampir bersilaturahmi di rumah Ketua DPC PPP Kudus Ulwan Hakim.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan