Marak Kebakaran, Warga Diimbau Tidak Boleh Lalai

Selasa, 31 Juli 2018 | 18:58 WIB

 

Peristiwa kebakaran di Desa Kasreman Kecamatan Rembang, pada Kamis (26/7/18) siang. Api meludeskan dua rumah milik Muslimin dan Kaelan warga RT 5 RW 1 desa setempat. Api berasal dari kompor milik Kaelan yang lupa dimatikan oleh istrinya seusai memasak. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Maraknya peristiwa kebakaran yang terjadi di Kabupaten Rembang baru-baru ini, Pemerintah Kabupaten Rembang mengimbau kepada masyarakat supaya berhati-hati.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran pada Satpol PP Kabupaten Rembang Wiyoto menyebutkan, selama bulan Juli 2018 ini, telah terjadi sebanyak 18-an peristiwa kebakaran rumah maupun lahan.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, bulan Juli merupakan paling banyak terdapat peristiwa kebakaran.

“Peristiwa kebakaran rumah rata-rata disebabkan oleh kelalaian, lupa mematikan kompor dan intalasi listrik pada rumah tidak menggunakan kabel yang standar.

Sedangkan, peristiwa kebakaran lahan kebanyakan diakibatkan pembakaran secara sembarangan. Biasanya seperti itu, terus merembet ke semak-semak yang kering,” ujarnya.

Kepala Seksi Kedaruratan pada BPBD Rembang Pramujo mengatakan, pihaknya akan membuat surat edaran kepada masing-masing kepala desa supaya seluruh warga diimbau untuk tetap waspada dan jangan lengah.

Hal itu sebagai bentuk upaya untuk meminimalisir potensi terjadinya kebakaran di permukiman masyarakat.

Ia menekankan, masyarakat tidak boleh membakar sampah secara sembarangan di dekat barang-barang yang sifatnya mudah terbakar, karena dikhawatirkan akan merembet ke barang lainnya.

“Apalagi saat ini merupakan musim kemarau, dimana potensi terjadi kebakaran menjadi meningkat,” imbuhnya, Selasa (31/7/2018).

Sementara itu, terakhir kali peristiwa kebakaran rumah terjadi di Desa Kasreman Kecamatan Rembang, pada Kamis (26/7/18) siang.

Api meludeskan dua rumah milik Muslimin dan Kaelan warga RT 5 RW 1 desa setempat. Api berasal dari kompor di rumah Kaelan yang lupa dimatikan oleh istrinya seusai memasak.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

 

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan